Cara Mudah Mengatasi Thunderbolt Ethernet yang Tidak Berfungsi pada MacBook

Masalah Thunderbolt Ethernet terkadang menjadi masalah yang cukup rumit. Hal ini jika Thunderbolt Ethernet tiba-tiba tidak bekerja atau tidak berfungsi, dan status nya selalu not connected, padahal kabel sudah dicolokkan. Pasalnya Thunderbolt Ethernet yang tidak connect bukan berarti ada masalah pada driver laptopnya seperti halnya pada laptop windows, karena pada MacBook semua drivernya sudah kompatibel di dalamnya. Namun terkadang masalahnya ada pada interface Thunderbolt Ethernet itu sendiri.

Cara Mengatasi Thunderbolt Ethernet yang Tidak Berfungsi
Cara Mengatasi Thunderbolt Ethernet yang Tidak Berfungsi

Nah, untuk mengatasi masalah tersebut tidak semudah mengatasinya pada Laptop windows, sehingga perlu langkah-langkah tepat agar permasalahan tersebut bisa terpecahkan dengan baik. Adapun langkah-langkahnya bisa kamu ikuti cara dibawah ini.

Cara Mudah Mengatasi Thunderbolt Ethernet yang Tidak Berfungsi pada MacBook

  1. Cabut kabel LAN yang terhubung ke Thunderbolt Ethernet.
  2. Selanjutnya buka System Preference => Network, kemudian hapus device Thunderbolt Ethernet yang bermasalah tersebut dengan klik tanda (-)
  3. Hapus/pindahkan juga file bernama com.apple.network*.plist dan NetworkInterfaces.plist yang ada pada directory /Library/Preferences/SystemConfiguration ke directory lain sebagai backup.
  4. Kemudian jalankan command berikut pada Terminal :
    mv /Library/Preferences/SystemConfiguration/NetworkInterfaces.plist /Users/rizkypratama/Documents/
    mv /Library/Preferences/SystemConfiguration/com.apple.network*.plist /Users/rizkypratama/Documents/
  5. Silakan restart MacBook nya. Setelah selesai restart, colokkan kembali kabel LAN nya pada Thunderbolt Ethernet. Semoga cara ini bisa membantu anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *