Apple Tengah Siapkan Prosesor A14 Yang akan Membuat Performa iPhone Setara MacBook Pro

Kehadiran iPhone mendatang alias iPhone 12 diprediksi akan menyamai performa MacBook Pro. Kabarnya, saat ini Apple tengah menyiapkan Prosesor khusus yang akan dipakai untuk iPhone 12 mendatang, yaitu Prosesor Bionic A14 dengan febrikasi 5nm yang lebih cepat dari sebelumnya Bionic A13 yang masih menggunakan febrikasi 7nm.

Prosesor Bionic A14
Prosesor Bionic A14

Kehadiran prosesor baru ini juga telah dikonfirmasi oleh sang manufaktur, TSMC. TSMC Mengungkapkan bahwa prosesor A14 akan menggunakan proses fabrikasi 5nm, yaitu lebih cepat ketimbang Bionic A13 atau yang mempunyai performa setara dengan MacBook Pro.

Dengan fabrikasi 5nm, akan ada peningkatan performa mendekati dua kali lipat dari prosesor 7nm. Hal tersebut dapat dicapai berkat jumlah transistor yang meningkat pada Bionic A14. Prosesor A14 diprediksi mampu membawa 15 juta transistor, meningkat dari jumlah sebelumnya, 12,5 juta transistor yang digunakan oleh Bionis A13. Semakin padat transistor, maka performa yang dihasilkan akan semakin kencang.

Sehingga, ekspetasi kemampuan iPhone 12 yang setara dengan laptop dapat segera terwujud. Terlebih, bila benar iPhone 12 mendatang menggunakan RAM sebesar 6 GB, tentu ada peningkatan performa signifikan.

TSMC Menyebut bahwa untuk pertama kalinya, iPhone akan menggunakan prosesor dengan fabrikasi 5nm pada 2020. Lebih lagi, iPhone 12 mendatang juga menjadi iPhone pertama yang mampu mendukung jaringan 5G.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *