Benarkah Sistem Keamanan iOS Kini Lebih Mudah Diretas Ketimbang Android?

Kabar terbarunya muncul dari seorang ahli Digital Forensik yang berasal dari Departemen Kepolisian Forth Worth, Texas. yang sedang melakukan uji coba dalam hal keamanan dari sebuah sistem smartphone yang kini mendunia secara bergantian, yaitu iOS dan Android.

Sistem Keamanan iOS dan Android
Sistem Keamanan iOS dan Android

Dalam uji coba tersebut sang ahli digital memanfaatkan perangkat yang disediakan oleh Cellbrite, sebuah perusahaan milik pemerintah yang memang menangani segala proses yang berkaitan dengan investigasi Digital, salah satunya dalam menguji keamanan dari sistem iOS dan Android. Perangkat ini memang disediakan untuk meretas segala sistem keamanan ponsel yang ada, termasuk salah satunya sistem keamanan iOS terbaru milik iPhone.

Hasilnya, sang ahli digital berhasil mengambil data GPS, pesan, riwayat panggilan dan daftar kontak. Selain itu, merekan juga mengumpulkan semua data dari aplikasi Instagram, Twitter, Linkedln, dan sebagainya.

Kesimpulan yang di dapat, sang ahli digital mengungkapkan jika saat ini sistem keamanan Android lebih sulit diretas ketimbang sistem keamanan yang dimiliki iOS.

Karena mereka mampu meretas sejumlah data mulai dari iPhone 7 hingga iPone X. Sedangkan pada ponsel Android, Seperti Google Pixel, Samsung Galaxy S9 dan Huawei P20 Pro gagal di lacak, bahkan tak mendapatkan satu informasipun dari ponsel tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *