Benarkah Meski Sudah Usung Jaringan 5G, iPhone Tetap Lambat untuk Download?

Dikutip dari Ubergizmo, salah seorang analis populer, Ming Chi Kuo, mengatakan jika kehadiran perangkat iPhone versi 5G justru belum tentu memiliki kecepatan unggahan yang maksimal. Pernyataan ini bukan tak berdasar, Kuo menjelaskan jika iPhone 5G dikabarkan hanya didukung dengan satu atau dua amplifier, sehingga berpengaruh terhadap kecepatan internet.

iPhone 5G
iPhone 5G

Sebelumnya, iPhone 5G disebut mengusung uplink 2×2 MIMO, yang memungkinkan penggunaan hingga 6 amplifier. Sehingga, kecepatan perangkat untuk mengunduh terbilang cukup cepat. Sayangnya, Kuo memprediksi hanya 2 amlifier saja. Perlu diketahui, keberadaan MIMO itu sendiri berguna untuk mengirim dan menerima lebih dari satu sinyal data secara bersamaan dengan frekuensi radio yang sama.

Dengan begitu, penggunaan MIMO mampu menghasilkan efisiensi spektrum serta output data yang lebih baik. Namun, bukan berarti iPhone 5G tidak bisa mengunduh, melainkan tetap bisa, hanya saja ada kemungkinan mengunduh menjadi sedikit lebih lambat.

Akan tetapi, kecepatan jaringan biasanya juga dipengaruhi oleh perangkat smartphone itu sendiri, melainkan ada komponen lain. Artinya, pengaruh kecepatan internet dari iPhone bisa meningkat jika ada faktor pendukung, seperti trafik internet yang sedang sepi alias tak banyak pengguna internet. Dengan begitu, kecepatan internet iPhone kemungkinan bisa meningkat.

Bagi kamu pecinta iPhone jangan berkecil hati terlebih dahulu, ini hanya prediksi dari seorang analis saja, untuk kepastiannya kita tungga hingga iPhone benar-benar merilis perangkat terbarunya dengan dukungan jaringan 5G.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *