iOS 14 Sematkan Fitur Bisa Coba Aplikasi Tanpa Perlu Instal

Apple dikabarkan akan membenamkan sebuah fitur baru di iOS 14, yaitu mencoba aplikasi tanpa perlu instal. Fitur baru tersebut akan dijajal pada sejumlah aplikasi yang ada pada App Store.

iOS 14 Bawa Fitur Jajal Aplikasi Tanpa Instal
iOS 14 Bawa Fitur Jajal Aplikasi Tanpa Instal

Dalam sistem iOS 14 nantinya akan ada sebuah API dengan kode Clips. API ini terhubung langsung dengan pemindai QR Code. Melalui API ini, pengguna dapat memindai QRCode. Nantinya akan muncul sebuah kartu yang memungkinkan pengguna untuk menggunakan beberapa fitur interaktif dari aplikasi yang dipindai itu.

Dilansir dari 9to5Mac, percobaan dilakukan dengan menggunakan aplikasi YouTube. Ketika aplikasi YouTube tidak terinstal di iPhone pengguna, dengan iOS 14 dan API Clips, pengguna dapat memindai QR Code yang tersedia dan video akan muncul dalam kartu yang menampilkan sebuah video, lengkap dengan UI aslinya.

Apple disebut bakal menjajal fitur baru ini pada sejumlah aplikasi, seperti DoorDash, OpenTable, PlayStation 4 Second Screen, Yelp, dan YouTube. Aplikasi-aplikasi tersebut mungkin bakal dijadikan contoh oleh Apple pada ajang Worldwide Developer Conference (WWDC) yang bakal dilakukan secara online.

Fitur semacam ini sebelumnya sudah ditawarkan oleh Google di Android, dengan nama Slices. Fitur ini menawarkan sebagian aplikasi lewat hasil pencarian dan Google Assistant, serta fitur Instant Apps di Android.

Apple diperkirakan akan merilis iOS 14 pada ajang WWDC 2020 yang akan diselenggarakan pada bulan Juni mendatang. Selain Clips, sebelumnya ada juga rumor fitur baru di sistem operasi tersebut. Salah satunya adalah CarKey, fitur yang juga muncul di barisan kode iOS 14.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *