Apple Berencana Bakal Produksi Macbook Murah Mulai Tahun Depan

Apple memiliki rencana untuk memproduksi MacBook murah, harga yang ditawarkan akan lebih murah dari MacBook Air saat ini. Apple akan memulai debutnya dalam meluncurkan MacBook murah ini mulai tahun 2021.

Apple Berencana Akan Rilis MacBook Murah
Apple Berencana Akan Rilis MacBook Murah

Lantas kenapa bisa murah, malah harga yang ditawarkan bisa saja 50% lebih murah dari MacBook Air. Apple akan menempatkan chipset yang berbeda dari perangkat Macbook Air saat ini. Pada Macbook yang bakal meluncur di 2021 ini, Apple menempatkan chipset berbasis ARM yang harganya 40 hingga 60 persen lebih murah dari chipset Intel yang biasa dipakai untuk perangkat Macbook.

Chipset berbasis teknologi ARM ini sudah digunakan Microsoft pada perangkat Surface Pro X mereka. Dengan demikian Macbook anyar Apple tahun depan bakal mengikuti jejak rivalnya itu. Peralihan Macbook ke chipset berbasis ARM ini disebut bakal menjadi langkah awal untuk menyingkirkan Intel dari produk-produk besutan perusahaan itu. Inisiatif pengembangan chipset berbasis ARM ini diberi nama proyek Kalamata.

Seorang sumber dari sektor industri terkait, setuju jika Apple bakal menempatkan Macbook anyar berbasis ARM ini sebagai laptop murah (entry-level). Kemungkinan bakal mirip dengan Macbook 12 inci yang sudah tidak diproduksi lagi sejak 2019.

ARM sendiri adalah teknologi chipset yang biasa digunakan pada perangkat smartphone. Teknologi ini menjadi dasar pembuatan chipset Qualcomm, Huawei Kirin, Samsung Exynos, hingga MediaTek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *