Begini Cara Cepat Mengubah Ukuran Dock di Mac/MacBook

Dock memiliki fungsi yang sama dengan shortcut, yakni berguna sebagai peluncur aplikasi. Akan tetapi keberadaan Dock di Mac atau MacBook terkadang terlalu besar atau terlalu kecil. Sehingga hal ini akan berpengaruh pada tampilan beranda Mac menjadi kurang menarik di pandang mata.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah ukuran Dock di Mac. Termasuk satu cara mudah yang tidak diketahui banyak orang. Oleh karenanya, disini idevice akan berbagi 2 langkah mengatur ukuran Dock dengan cepat tanpa ribet. Berikut cara mengubah ukuran Dock Anda dengan cepat di macOS.

Cara Mengubah Ukuran Dock
Cara Mengubah Ukuran Dock

Cara Cepat Mengubah Ukuran Dock Menggunakan Mouse Pointer

Pertama, inilah cara cepat dan mudah untuk mengubah ukuran Dock Anda. Saat melihat desktop Anda, arahkan penunjuk mouse ke pembatas vertikal di Dock Anda, yang terletak di antara area ikon aplikasi dan pintasan file dan area Sampah. Di tempat yang tepat, penunjuk mouse Anda akan berubah menjadi panah “Resize” atas-bawah.

Mengubah Ukuran Dock Menggunakan Mouse Pointer
Mengubah Ukuran Dock Menggunakan Mouse Pointer
  1. Saat penunjuk Anda terlihat seperti simbol naik-turun, tahan mouse utama atau tombol trackpad dan seret penunjuk Anda menjauh dari, atau ke arah, tepi layar untuk mengubah ukuran Dock.
  2. Jika Anda menjauhkan penunjuk dari tepi layar, Dock akan menjadi lebih besar hingga mencapai ukuran maksimum yang diizinkan.
  3. Jika Anda menggerakkan penunjuk ke arah tepi, Dock akan mengecil hingga mencapai ukuran minimumnya.
  4. Dan, Anda dapat menyesuaikan ukuran Dock ke titik mana pun di antara kedua ekstrem tersebut.
  5. Setelah selesai, cukup lepaskan mouse atau tombol trackpad, dan Dock akan tetap berukuran yang baru saja Anda setel.

Cara Mengubah Ukuran Dock Anda Menggunakan Preferensi Sistem

Kedua, Untuk mengubah ukuran Dock Anda dengan cara tradisional (menggunakan System Preferences), klik kanan atau Control-klik pada area kosong Dock di dekat garis pembatas dan pilih “Dock Preferences” dari menu yang muncul.

Mengubah Ukuran Dock Anda Menggunakan Preferensi Sistem
Mengubah Ukuran Dock Anda Menggunakan Preferensi Sistem
  1. Di Preferensi Dock, gunakan penggeser “Size” untuk mengubah ukuran Dock di layar Anda.
  2. Setelah selesai, keluar dari Preferensi Sistem dan ukuran Dock Anda akan tetap berukuran itu sampai Anda mengubahnya lagi. Sangat berguna!

source: via

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *