Hore! Hari Ini Apple Resmi Merilis macOS Big Sur

Seperti yang diharapkan sebelumnya, ternyata hari ini Apple telah resmi merilis versi macOS terbarunya yang bernama Big Sur. Ini adalah iterasi pertama dari OS yang dioptimalkan secara khusus untuk chip M1 Apple yang baru. Diantara beberapa perangkat yang menggunakan chipset M1 tersebut adalah MacBook Air, MacBook Pro 13, dan Mac mini baru.

macOS Big Sur juga bekerja pada chipset berbasis Intel. Ini secara khusus serta desain baru yang segar, serta beberapa peningkatan mulai Safari, iMessage, Maps, dan juga privasi. Dari segi desain, masih terlihat familiar, tetapi lebih banyak menggunakan ruang putih untuk navigasi yang lebih mudah. Hal itu juga membuat ikon gelap lebih konsisten dengan ekosistem Apple lainnya.

macOS Big Sur Resmi Dirilis
macOS Big Sur Resmi Dirilis

Sementara di dalam tombol aplikasi dan kontrol muncul saat diperlukan dan menghilang secara otomatis saat tidak digunakan. Hal ini tentunya dapat mengurangi kompleksitas visual dan memungkinkan Anda untuk fokus pada pekerjaan yang sedang dikerjakan.

Control Center baru memungkinkan Anda untuk mengakses pengaturan yang terkait dengan mode DND, tampilan, keyboard, dan kecerahan dengan cepat. sedangkan pada Notification Center yang diperbarui menampilkan lebih banyak info sekilas dengan pemberitahuan interaktif dan widget baru.

macOS Big Sur Sudah Tersedia Mulai Sekarang

Apple juga mengklaim macOS Big Sur hadir dengan pembaruan terbesar untuk Safari sejak peluncuran aslinya pada tahun 2003. Perusahaan mengatakan versi terbaru ini memuat “situs yang sering dikunjungi” (apa pun artinya) rata-rata 50% lebih cepat daripada Chrome.

Di Mac dengan chipset M1, diklaim 1,5x lebih cepat dalam menjalankan JavaScript dan bahkan “hampir 2x lebih responsif”. Safari sekarang akhirnya sudah mendukung YouTube dan Netflix dalam 4K HDR. Sementara untuk peralihan tab lebih cepat dan lebih efisien dengan pratinjau halaman saat mengarahkan kursor ke tab, dan menampilkan favicon secara default.

Pada pesan memungkinkan Anda menyematkan percakapan ke atas, dan mesin pencari yang diperbarui memungkinkan Anda menemukan tautan, foto, dan istilah yang cocok dengan cepat. Anda dapat menambahkan efek ke pesan Anda, seperti balon dan confetti, serta membuat Memoji di Mac dan mendapatkan stiker Memoji yang dibuat secara otomatis.

Untuk peta akan terlihat lebih baik dan memberi Panduan dari merek yang Anda percayai, dan juga memungkinkan Anda membuat panduan khusus untuk tempat favorit Anda. Peta interior mendetail membantu Anda menavigasi bandara dan pusat perbelanjaan utama. Dan untuk pertama kalinya, bersepeda dan perjalanan kendaraan listrik dapat dirutekan di Mac sebelum kemudian dikirim langsung ke iPhone Anda untuk dibawa saat bepergian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *