Cara Mudah Menggunakan Apple ProRAW di Kamera iPhone

Jika Anda termasuk salah satu orang yang hobi fotografer, Anda tahu bahwa mengambil foto RAW memungkinkan Anda mengeditnya lebih mudah tanpa mengorbankan kualitas gambar yang ada. Foto RAW ini menjadi fitur dalam kamera iPhone saat ini. Dengan Apple ProRAW yang tersedia di iPhone, Anda dapat meniru pengalaman itu sambil terus menggunakan fitur pintar fotografi perusahaan lainnya.

Cara Menggunakan Apple ProRAW
Cara Menggunakan Apple ProRAW

Apa itu Apple ProRAW?

iPhone menggunakan fotografi komputasi untuk meningkatkan tampilan foto yang diambil lebih akurat. Fitur Smart HDR, Deep Fusion, dan Night Mode bawaan Apple menggunakan pembelajaran mesin untuk mengambil resolusi yang lebih tinggi dan bidikan yang lebih tajam bahkan dalam situasi pencahayaan yang buruk.

Sayangnya, pengambilan foto RAW asli tidak dapat dilakukan dan masih menggunakan teknologi pintar Apple. Anda dapat mengambil RAW dengan iPhone, tetapi tidak akan menggunakan pembelajaran mesin apa pun untuk meningkatkan gambar sebelum diambil. Tetapi dengan ProRAW, Anda mendapatkan sesuatu antara iPhone HEIC atau JPG standar dan file RAW yang menyimpan catatan tentang apa yang ditangkap sensor.

ProRAW adalah format RAW internal kustom Apple. Saat mengambil foto, hasil akhirnya adalah file DNG RAW 12-bit dengan jangkauan dinamis 14 stop. Ini berarti Anda dapat memanfaatkan sepenuhnya pemrosesan fotografi komputasi iPhone dan tetap mengedit foto dengan benar setelah kejadian tersebut.

Saat ini, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max merupakan dua ponsel yang mendukung ProRAW. Ini juga hanya tersedia di iOS 14.3 dan lebih tinggi. Apple akan memperluas dukungan ProRAW ke handset yang lebih baru di masa mendatang.

Cara Mudah Menggunakan Apple ProRAW di Kamera iPhone

  1. Sebelum menggunakan pastikan kamu sudah mengaktifkan fitur ProRAW pada kamera iPhone anda.
  2. Buka aplikasi “Kamera” di iPhone Anda.
  3. Selanjutnya, sambil memastikan bahwa Anda berada dalam mode “Foto”, ketuk ikon “RAW” yang dicoret di pojok kanan atas.
  4. Saat ikon “RAW” terlihat, gambar akan diambil di Apple ProRAW. Lanjutkan dan ketuk tombol rana untuk mengambil foto.
  5. Saat Anda men-scroll gambar Anda di aplikasi “Foto” Apple, Anda akan menemukan label “RAW” yang dicap di bagian atas foto ProRAW.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *