Begini Cara Mengaktifkan Apple ProRAW di Kamera iPhone

Apple ProRAW kamera merupakan sebuah format foto mentah yang dihasilkan oleh kamera iPhone. Namun tidak semua iPhone mendukung fitur ProRAW ini. Beberapa diantaranya hanya iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max yang diketahui memiliki fitur ProRAW ini.

Namun kabarnya, fitur ini akan hadir pada beberapa perangkat lainnya bersamaan dengan software update iOS selanjutnya. Format RAW ini biasanya hanya ditemukan pada kamera digital. Jika format RAW tradisional di kamera digital menggunakan data dari sensor secara langsung, maka Apple ProRaw ini akan melewati proses yang dinamakan multi-frame Neural network processing.

Cara Mengaktifkan Apple ProRAW
Cara Mengaktifkan Apple ProRAW

Jadi sekilas hasilnya adalah sebuah foto dengan format mentah namun terlihat seperti layaknya sebuah foto yang sudah diproses. Tak seperti format foto mentah lain yang terlihat gelap, kurang terang, dan monoton karena memang belum diproses.

Begini Cara Mengaktifkan Apple ProRAW di Kamera iPhone

Sebelum Anda menggunakannya fitur ProRAW ini kamera iPhone ini, kamu harus terlebih dahulu mengaktifkan ProRAW ini agar bisa digunakan pada kamera bawaan iPhone. Karena fitur ini tidak aktif secara default pada kamera iPhone.

  1. Buka aplikasi “Pengaturan“.
  2. Selanjutnya, gulir ke bawah dan ketuk opsi “Kamera“.
  3. Anda sekarang berada di menu pengaturan kamera iPhone Anda. Di sini, Anda dapat menyesuaikan framerate video, menambahkan grid ke pratinjau Anda, dan banyak lagi.
  4. Pilih opsi “Format” yang ada di bagian atas daftar.
  5. Terakhir, aktifkan “Apple ProRAW” dengan memberikan centang pada kotak kecil yang sudah disediakan.

Sebagai pengingat, mengambil gambar ProRAW di iPhone Anda akan menghabiskan lebih banyak ruang penyimpanan daripada mengambil foto standar. Jika Anda tidak berencana mengedit gambar, Anda mungkin lebih baik tidak menggunakan format DNG, terutama jika ponsel cerdas Anda kehabisan ruangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *