Langkah-Langkah Cara Mudah Membagi Layar di Mac

Jika Anda bekerja dengan banyak aplikasi dan jendela sekaligus, Anda mungkin merasa frustasi untuk terus beralih di antara jendela tersebut. Atau mungkin, bergantung pada apa yang Anda kerjakan.

Tentunya akan lebih baik jika Anda dapat secara sekaigus melihat dua jendela pada saat yang bersamaan. Misalnya Anda ingin menyalin info dari satu dokumen ke dalam spreadsheet. Dengan melihat kedua jendela itu secara berdampingan akan lebih menyenangkan untuk kamu.

Begini Cara Mudah Membagi Layar di Mac
Begini Cara Mudah Membagi Layar di Mac

Apple meluncurkan sistem operasi macOS Catalina dengan fungsi tampilan layar terbagi (split screen). Hal ini berarti Anda dapat mengisi layar Anda dengan dua aplikasi tanpa harus mengubah ukuran dan menyeret jendela Anda. Jika Anda menggunakan Catalina atau versi yang lebih baru, Anda dapat mengakses fitur ini. Begini caranya langkah-langkahnya.

Cara Mudah Membagi Layar di Mac

Dari kiri atas jendela Anda, temukan tombol merah, kuning, dan hijau. Arahkan kursor ke tombol hijau atau klik dan tahan – Anda akan melihat serangkaian opsi untuk melihat layar Anda.

Klik “Tile Window to Left of Screen” atau “Tile Window to Right of Screen” dan jendela Anda saat ini akan muncul di kiri atau kanan layar Anda.

Cara Mudah Membagi Layar di Mac
Cara Mudah Membagi Layar di Mac

Semua jendela lain yang Anda buka di Mac Anda akan ditampilkan di sisi berlawanan dari layar terbagi Anda. Klik jendela yang ingin Anda tampilkan. Sekarang Anda dalam mode layar terbagi.

Hasil Membagi Layar di Mac
Hasil Membagi Layar di Mac

Cara Menyesuaikan Tampilan Layar Terpisah Anda

Ingin bertukar sisi? Untuk memindahkan jendela dari satu sisi ke sisi lain dalam tampilan terpisah, seret jendela itu ke sisi lain dengan mengklik di mana saja di bilah menu abu-abu jendela itu. (Ingatlah, dalam mode tampilan terbagi, bilah menu disembunyikan secara default. Namun Anda dapat memindahkan kursor ke atas layar dan bilah menu akan muncul kembali.)

Menyesuaikan Tampilan Layar Berbagi
Menyesuaikan Tampilan Layar Berbagi

Perlu lebih banyak ruang tampilan di spreadsheet Anda? Untuk mengubah ukuran jendela, klik di perbatasan hitam antara dua layar. Seret kursor Anda untuk mengubah ukuran jendela sesuai keinginan Anda.

Cara Keluar Dari Mode Layar Terpisah

Setelah Anda mengisi mode layar terbagi, cukup mudah untuk keluar. Dari salah satu jendela, arahkan kursor ke atas layar hingga bilah menu abu-abu muncul kembali. Klik pada tombol lingkaran hijau dan Anda akan secara otomatis keluar dari mode layar terbagi. Atau, arahkan kursor dan klik “Keluar dari Layar Penuh“.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *