Apple Watch Dapat Deteksi Kondisi Kesehatan Penggunanya!

Apple Watch telah menjadi pelacak kebugaran yang baik sejak diluncurkan pada tahun 2015. Dengan setiap generasi berikutnya, Apple Watch memperoleh fitur perangkat keras tambahan. Jam Tangan Apple terbaru dapat mendeteksi dan memantau beberapa kondisi kesehatan pengguna secara real.

Akan tetapi perlu Anda garis bawahi, Apple Watch bukanlah perangkat Medis/Dokter. Jadi ini hanya sebagai pendeteksi awal agar lebih mudah diketahui oleh pengguna. Penulis sama sekali tidak mempercayakan secara sepenuhnya kondisi kesehatan pengguna kepada Apple Watch. Hanya saja, sebagai alat bantu diagnosa awal sebelum Anda pergi ke dokter untuk memeriksa kesehatan lebih lanjut.

Apple Watch Dapat Deteksi Kesehatan
Apple Watch Dapat Deteksi Kesehatan

Oleh karenanya, Apple Watch dapat memantau kesehatan pengguna secara berkala saat Anda sedang menggunakannya. Salah satunya adalah pelacakan Denyut Jantung Tinggi dan Rendah.

Dalam hal ini, Apple Watch memiliki dua cara untuk mengukur detak jantung Anda:

  1. Apple Watch Series 1 atau lebih baru: Menggunakan sensor detak jantung optik.
  2. Apple Watch Series 4 atau lebih baru (tidak termasuk model SE pertama yang dirilis pada tahun 2020): Menggunakan sensor jantung elektrik yang digunakan oleh aplikasi ECG.

Di setiap jam tangan yang Anda gunakan, sensor detak jantung optik dapat mendeteksi jika Anda memiliki detak jantung tinggi atau rendah yang tidak normal. Secara default, jika detak jantung Anda tetap di atas 120 bpm setelah 10 menit tidak aktif atau turun di bawah 40 bpm selama 10 menit, Anda akan mendapatkan notifikasi.

Jadi setidaknya, dengan Apple Watch ini, Anda dapat mengetahui perkembangan denyut jantung. Jikapun ada yang tidak normal, Anda dapat mengetahuinya lebih awal dan dapat membawanya pada dokter.

Selain itu, Anda dapat melakukannya di aplikasi Watch Appdi iPhone Anda. Cukup buka menu “Heart” dan setel nilai baru misalkan untuk “Detak Jantung Tinggi” dan “Detak Jantung Rendah”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *