Apple MacBook M1 Bisa Anda Gunakan Untuk Menambang Crypto-Currency

Kembali pada tahun lalu, Apple meluncurkan komputer berbasis ARM pertamanya yang menampilkan Apple M1. Chipset ini menghadirkan kinerja dan efisiensi yang luar biasa serta menentukan masa depan dengan lebih banyak komputer berbasis ARM.

Apple MacBook M1
Apple MacBook M1

image source

Karena sifat perangkat keras Apple yang tertutup, banyak penggemar telah mencoba yang terbaik untuk membuka dan memecahkan chip ini. Menurut laporan terbaru, pengembang perangkat lunak Yifan Gu (Gu Yifan) menemukan cara untuk menambang Ethereum pada Apple M1 MacBook Air dan membukanya melalui GitHub.

Menurut sebuah laporan, sejak paruh kedua tahun lalu, industri semikonduktor global telah mengalami kekurangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Ini memberikan pengaruh bagi pembuat chip hingga pembuat konsol seperti Sony dan Microsoft.

Perlu dicatat bahwa chip GPU mendapatkan pukulan terberat saat ini. NVIDIA misalnya, meluncurkan generasi baru kartu grafisnya tahun lalu, tetapi tidak dapat memberikan stok yang layak bahkan hari ini. Menurut Harlan Sur, seorang analis di Morgan Stanley di Jepang, permintaan chip melebihi kapasitas produksi saat ini sebesar 10% hingga 30%, yang mungkin membutuhkan waktu hingga satu tahun untuk mengejar ketertinggalan.

Ada kekurangan besar pada kartu grafis dan kinerja penambangan dibatasi oleh NVIDIA. Penambang Mata Uang Kripto secara alami harus berpikir dengan cara lain, yang hanya memberikan ide-ide baru untuk penambang dan pengembang. Mungkin itulah salah satu alasan mengapa Gu memecahkan dan menjadikan Apple M1 sebagai opsi yang layak untuk menambang mata uang crypto-currency.

Penambangan Crypto-Currency Menggunakan Macbook Air Hanya Untuk Novices atau Adopter Awal

Menurut pengembangnya, efisiensi penambangan MacBook Air M1 sangat rata-rata. Ini hanya menyediakan 2MH/s, dan konsumsi daya sekitar 17-20 watt. Ini hanya cocok untuk pemula dan pengguna awal, dengan pendapatan harian sekitar $0,14. Meskipun sepenuhnya berada di belakang inti khusus CMP NVIDIA, ini dapat menentukan arah baru untuk penambangan mata uang kripto.

Perlu Anda catat bahwa ini bukan upaya pertama untuk menjadikan prosesor M1 sebagai opsi yang valid untuk penambangan. Kembali pada bulan Desember tahun lalu, pengembang XMRig mencoba menambang Monero dengan Apple M1 MacBook Air.

Chipset M1 adalah chip buatan Apple yang tersedia untuk perangkat Apple seperti MacBook Air, MacBook Pro 13 inci, dan Mac mini. Karena mengadopsi arsitektur ARM, Apple mendorong para pengembang untuk membuat program asli berdasarkan arsitektur ini. Apple juga menyediakan Rosetta 2 untuk macOS demi menerjemahkan aplikasi berbasis Intel ke dalam arsitektur ARM. Alhasil, program berbasis Intel juga bisa berjalan pada Apple M1.

One Reply to “Apple MacBook M1 Bisa Anda Gunakan Untuk Menambang Crypto-Currency”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *