iPhone 13 akan Punya Baterai Lebih Besar dan Masa Pakai Lebih Lama

Kabar terbaru menyebutkan jika iPhone 13 akan memiliki baterai yang lebih besar dari para pendahulunya. Selain itu, juga masa pakai baterai yang tentunya lebih lama lagi. Sehingga ini akan membuat nyaman kepada Anda dan tidak harus selalu bergantung pada pengisi daya.

iPhone 13
iPhone 13

image source

Pendahulunya, iPhone 12 menggunakan proses febrikasi 5nm dengan chipset Bionik A14 pada semua serinya. Hal ini membuktikan bahwasanya masa pakai baterainya berkurang dibandingkan dengan seri iPhone 11. Kuo Ming-Chi juga menunjukkan dalam laporan industrinya bahwa keempat model seri iPhone tahun ini nanti akan datang dengan baterai berkapasitas lebih besar.

iPhone 13 akan Memiliki Baterai yang Lebih Besar

Kuo Ming-Chi mengatakan bahwa alasan peningkatan kapasitas baterai dari seri iPhone baru tahun ini adalah berdasarkan desain internal yang lebih kompak dari iPhone 13. Beberapa laporan menyebutkan juga bahwa karena integrasi langsung dari slot kartu SIM dengan motherboard dan pengurangan ketebalan modul sistem kamera. Gerakan seperti itu akan menghemat lebih banyak ruang internal, yang dapat berguna untuk menambah kapasitas baterai.

Dibandingkan dengan iPhone 11, iPhone 12 tidak hanya mengurangi kapasitas baterai, tetapi jaringan seluler 5G juga merupakan konsumen daya yang besar. Alhasil, masa pakai baterai hampir tidak bisa bertahan satu hari saat 5G dihidupkan. 5G memiliki dampak yang lebih besar pada masa pakai baterai iPhone 12 mini. Ini mungkin salah satu alasan mengapa penjualan iPhone 12 mini sangat tidak memuaskan.

Selain desain internal yang lebih ringkas, seri iPhone 13 Pro juga akan menggunakan panel LED LTPO dengan konsumsi daya yang lebih rendah. Layarnya bisa mendukung refresh rate tinggi hingga mencapai 120Hz.

Pada saat yang sama, seri iPhone 13 juga akan hadir dengan chip Bionik A15. Yang terakhir harus menggunakan proses N5P 5nm + dan modem Qualcomm X60 5G berdasarkan proses 5nm. Sehingga ini yang mengakibatkan performa konsumsi dayanya lebih baik daripada iPhone 12 series.

Lantas, Apakah Perangkat Tersebut akan Bernama iPhone 13?

Berbagai sumber menunjukkan bahwa kita mungkin tidak akan pernah melihat iPhone 13. Dengan kata lain, iPhone baru tahun ini akan bernama iPhone 12s. Dan iPhone tahun depan akan disebut iPhone 14.

Pada awal Januari, seorang insinyur Apple membocorkan bahwa iPhone baru tahun ini memiliki tingkat peningkatan yang relatif kecil. Terkait hal ini, seorang whistleblower Jon Prosser juga mengatakan bahwa iPhone 12S adalah solusi yang baik.

Secara historis, iPhone 6S pada 2015 menggantikan iPhone 6, dan iPhone XS pada 2018 menggantikan iPhone X. Namun penerus iPhone 8, Apple tidak menggunakan nama iPhone 9 dan memilih menggunakan nama iPhone X.

One Reply to “iPhone 13 akan Punya Baterai Lebih Besar dan Masa Pakai Lebih Lama”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *