Menarik, iPhone 13 Series akan Menggunakan Panel Layar AMOLED LTPO Samsung, Apa Kelebihannya!

Rumor kehadiran perangkat Apple selanjutnya terus menjadi banyak perbincangan, yakni iPhone 13 Series. Hingga kini rumor terus bermunculan mulai dari nama yang akan Apple gunakan hingga beberapa keunggulan spesifikasi yang akan Apple bawa pada perangkat terbarunya tersebut.

iPhone 13 Series
iPhone 13 Series

image source

Apple memang belum memberikan konfirmasi secara resmi terkait kehadiran iPhone terbarunya. Namun, orang-orang yang berada disekitarnya terus memberikan informasi-informasi penting terkait kehadiran iPhone 13 tersebut. Walaupun tidak secara pasti benar semua, akan tetapi setidaknya bisa menjadi gambaran awal terkait penerus iPhone baru yang akan Apple rilis nanti. Biasanya Apple akan meluncurkan perangkat terbarunya setiap bulan September setiap tahunnya.

iPhone 13 Series akan Menggunakan Panel Layar AMOLED LTPO Samsung

Baru-baru ini kembali muncul rumor tentang panel layar yang akan Apple gunakan untuk iPhone 13 nanti. Kabarnya Apple akan mengadopsi panel layar AMOLED LTPO milik samsung ketimbang layar yang biasa Apple gunakan. Lantas kira-kira apa kelebihan dari layar AMOLED LTPO tersebut? Padahal sebelumnya Apple menggunakan panel layar OLED pada iPhone 12 series-nya.

Seperti tahun ini Apple akan memulai langkah besar dengan mengadopsi layar yang memiliki kecepatan refresh tinggi. Namun semua ini tidak termasuk dalam keluarga iPhone 12 yang hanya memiliki kecepatan refresh rate standar 60Hz. Namun dahulu banyak rumor yang menyarankan kecepatan refresh 120Hz kemungkinan ada pada iPhone 12 Pro, tetapi pada akhirnya, Apple membatalkan rencana ini.

Menurut beberapa analis, perusahaan harus memutuskan antara layar dengan kecepatan refresh tinggi atau konektifitas 5G. Sebagai hasil akhir, Apple malah harus memilih dukungan untuk jaringan generasi kelima, setelah semua pesaing utamanya menggunakan sejak tahun 2019 lalu. Menurut analis, model iPhone 13 inilah yang nantinya akan memasuki tren penyegaran tinggi, mulai dari panel layar yang akan digunakannya.

iPhone 13 Pro dan Pro Max akan Memiliki Refresh Rate 120Hz

Elec mengutip UBI Research bahwa lini pabrik A3 Samsung Display, yang didedikasikan untuk memasok Apple dengan panel OLED LTPS, akan dikonversi untuk memproduksi panel LTPO sebagai gantinya. LTPO awalnya dikembangkan untuk seri Apple Watch karena memungkinkan kontrol yang tepat dari frekuensi gambar, tidak seperti LTPS, dan menggunakan lebih sedikit daya untuk boot. Kelemahan utama adalah panel baru ini lebih sulit dalam hal produksi. Kapasitas jalur A3 akan turun dari 105.000 panel per bulan menjadi 70.000 per bulan.

Laporan tersebut, sayangnya, tidak mencakup secara spesifik tentang kecepatan refresh untuk seri iPhone 13. Menurut Ming-Chi Kuo, untuk seri Pro dan Pro Max akan memiliki tampilan penyegaran 120Hz. Namun bisa jadi Apple juga akan menghadirkan layar 90Hz untuk dua lainnya. dulu, vanilla iPhone 13 dan iPhone 13 mini kemungkinan harus tetap menggunakan 60Hz untuk satu tahun lagi.

Menariknya, model Pro ini kemungkinan akan memiliki pemindai sidik jari dalam layar dan lubang punch-hole. IPhone yang akan datang mungkin tidak inovatif dalam hal desain, tetapi soal tampilan pasti akan mengalami perubahan besar dari sebelumnya.

Menurut Analis Websuh Dan Ives, Apple akan kembali ke jadwal peluncuran September seperti biasanya. Tidak seperti tahun lalu yang terkendala dengan adanya pandemi virus Covid-19. Jika Anda ingat, seri iPhone 12 baru dirilis hingga Oktober. Rupanya, perusahaan tersebut telah mengatasi tantangan tertentu dan siap meluncurkan seri iPhone 13 pada bulan September mendatang. Oleh karena itu, sebagai perkiraan detail baru akan muncul dalam beberapa bulan mendatang.

Selain seri iPhone 13 terbaru, Apple juga akan meluncurkan Apple Watch Series 8 pada acara bulan September nanti. Perangkat wearable baru ini diharapkan hadir dengan fitur pembacaan glukosa darah baru yang lebih inovatif dan efisien.

Spekulasi Nama Penerus iPhone 12 Mendatang

Sebagian rumor menyebutkan jika penerus iPhone 12 nanti tidak akan menggunakan nama iPhone 13 melainkan iPhone 12S. Hal ini mengaca pada Apple terdahulu. IPhone telah meluncurkan sejumlah produk seri “S” dalam beberapa tahun terakhir. Sama seperti iPhone 4S, iPhone 5S, dan iPhone 6S. Malah sebagian pengguna menganggap ini sebagai “generasi mesin ajaib” karena menawarkan fitur dan spesifikasi yang berbeda dengan versi pendahulunya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *