Cara Mudah Mengakses Mail iCloud dari Browser Web

Mengakses Mail iCloud melalui browser Web tentunya bisa Anda lakukan, baik menggunakan komputer Mac sendiri ataupun komputer Windows. Akun iCloud biasa turut disertakan dengan perangkat Apple yang dapat memberi Anda akses ke alamat email tertentu yang sifatnya rahasia. Karena pada iCloud inilah semua data privacy Anda tersimpan. Oleh karenanya jangan sembarangan memberikan akses iCloud kepada sipapun termasuk orang paling dekat Anda sekalipun.

Mengakses Mail iCloud Melalui Browser
Mengakses Mail iCloud Melalui Browser

image source

Meskipun Anda mungkin terbiasa mengakses iCloud tersebut menggunakan aplikasi secara langsung baik pada iPhone, iPad, atau Mac. Namun Anda sebenarnya dapat mengakses iCloud Mail dari browser web apa pun termasuk Google Chrome dan Microsoft Edge atau browse lainnya yang Anda miliki. Karena tidak menutup kemungkinan, Anda pasti memiliki lebih dari satu browser dalam satu perangkat.

Mail iCloud secara langsung akan ditautkan ke ID Apple Anda. Akan tetapi hanya jika ID email Anda diakhiri dengan “@icloud.com”. Jika Anda menggunakan email pihak ketiga seperti Gmail dengan ID Apple Anda, Anda harus membuat alamat email iCloud yang berbeda, yang kemudian akan ditautkan ke ID Apple Anda.

Begini Cara Mudah Mengakses Mail iCloud dari Browser Web

Untuk memulainya, buka browser yang ada pada komputer Anda, (Windows 10, Mac, atau Linux), iPhone, iPad, atau smartphone atau tablet Android. Kemudian, ketik URL https://icloud.com ke dalam kolom alamat Anda.

  1. Selanjutnya masukkan alamat email beserta kata sandi iCloud Anda pada kolom Sign in to iCloud
  2. Jika Anda menggunakan otentikasi dua faktor, maka Anda perlu masukkan kata sandi satu kali yang diterima pada salah satu perangkat Apple Anda.
  3. Sekarang, klik tombol “Trut” pada Pop-up yang muncul sehingga Anda tidak perlu mengautentikasi diri Anda sendiri pada browser itu (jika perangkat tersebu milik Anda sendiri). Namun jika perangkat yang Anda gunakan untuk login tersebut milik teman atau orang lain, sebaiknya Anda klik Not Now.
  4. Setelah berhasil login, Anda akan mendapatkan beberapa daftar menu yang bisa Anda akses. Jika Anda ingin pergi ke “Mail“, maka klik gambar Mail. Akan tetapi jika Anda tidak melihat opsi Mail seperti di atas, itu berarti Anda belum sukses masuk pada alamat email iCloud dengan ID Apple Anda. Untuk mengatasi ini, Anda harus mengatur iCloud pada iPhone, iPad, atau Mac Anda.
  5. Nah, sekarang Anda akan melihat kotak masuk iCloud Mail Anda di web.

Dari sini, Anda dapat menelusuri semua email pada Kotak Masuk iCloud Anda. Anda juga dapat melihat email terkirim Anda. Fitur reguler seperti menandai dan menghapus email juga tersedia. Selain itu, Anda juga dapat membalas email atau menulis email baru juga (keduanya akan terbuka di jendela baru).

Saat Anda menggunakan Mail iCloud menggunakan browser, jangan lupa untuk selalu logout setelah selesai menggunakannya. Nah, untuk melakukan ini, klik tombol Nama dari pojok kanan atas dan pilih opsi “Logout”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *