Cara Mudah Mengaktifkan Fungsi Ketukan Pada Trackpad Mac Anda

Trackpad Force Touch MacBook ternyata memiliki umpan balik getaran yang luar biasa saat Anda menekan untuk mengklik. Banyak pengguna Mac yang belum memahami secara langsung beberapa fungsi yang bisa Anda hasilkan melalui ketukan pada touchpad Mac.

Mengaktifkan Fungsi Ketukan Pada Trackpad Mac Anda
Mengaktifkan Fungsi Ketukan Pada Trackpad Mac Anda

image source

Trackpad Mac memang memiliki sedikit perbedaan dengan touchpad laptop biasa selain Apple. Anda bisa melakukan konfigurasi pada touchpad Mac dengan mengaktifkan banyak fungsi yang dapat Anda lakukan hanya dengan bermodal ketukan atau Tap saja. Layaknya pada ponsel, fitur ini merupakan fungsi Tap yang sudah banyak digunakan oleh produsen smartphone saat ini. Beberapa fungsi dari Tap ini yang sudah terkenal adalah Double Tap, Tripple Tap dan juga Back Tap. Nah, berikut cara mengaktifkan fungsi ketuk atau Tap pada komputer Mac Anda.

Cara Mudah Mengaktifkan Fungsi Ketukan Pada Trackpad Mac Anda

Fungsi ini akan dapat membawa dampak yang cukup besar terutama ketika Anda sedang bekerja bersama dengan Mac Anda. Selain akan memberikan kemudahan juga bisa membuat Anda bekerja lebih cepat. Dengan memanfaatkan fitur ini, Anda cukup mengetuk dengan satu jari untuk melakukan klik. Mengetuk dengan dua jari akan memunculkan menu konteks (menu klik kanan). Berikut cara mengaktifkannya!

  1. Untuk memulainya, klik logo Apple pada bagian sudut kiri atas layar, lalu pilih opsi “System Preferences“.
  2. Dari layar pengaturan, pilih opsi “Trackpad“.
  3. Sekarang, pada tab “Point & Click“, centang kotak pada samping opsi “Tap to Click“.
  4. Sekarang Anda cukup mengetuk trackpad untuk mengklik (Hal yang sama berlaku untuk opsi klik kanan dengan dua jari.).

Selain itu, ada lebih banyak fungsi lain yang bisa Anda dapat pada trackpad ini. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan menggunakan trackpad Force Touch MacBook.

Inilah Beberapa Hal yang Dapat Anda Lakukan dengan Force Touch Trackpad

Trackpad Force Touch baru pada MacBook Apple mirip dengan layar 3D Touch pada iPhone 6s dan 7 yang memungkinkan Anda menekan lebih keras untuk melakukan tugas berbeda atau menampilkan opsi sekunder. Berikut beberapa hal keren yang dapat Anda lakukan dengan trackpad Force Touch MacBook.

Mencari Definisi Kata

Ingin mencari definisi kata? Dengan trackpad Force Touch, yang harus Anda lakukan adalah mengklik ke bawah lebih keras untuk kedua kalinya pada kata tersebut dan pop-up akan muncul yang memberi Anda definisi kamus.

Mengubah nama File atau Folder

Saat mengganti nama file atau folder, Anda cukup mengklik nama file dan menekan spasi untuk mulai mengganti namanya. Akan Tetapi, mungkin lebih cepat lagi, Anda cukup memaksa klik pada file atau folder mana saja untuk mengganti namanya.

Pratinjau File tanpa Membukanya

Saat Anda memilih file atau folder dan menekan bilah spasi, pratinjau cepat dari file atau folder tersebut muncul tanpa benar-benar terbuka.

Menyesuaikan Kecepatan Fast-Fowarding

Jika Anda menggunakan QuickTime untuk melihat video dan melakukan banyak maju atau mundur cepat, Anda dapat menggunakan sensitivitas tekanan trackpad untuk langsung menyesuaikan kecepatan saat Anda mempercepat atau memundurkan video.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

One Reply to “Cara Mudah Mengaktifkan Fungsi Ketukan Pada Trackpad Mac Anda”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *