Cara Mudah Menonaktifkan iCloud Foto Pada Mac

iCloud Foto secara otomatis akan mengunggah dan menyelaraskan semua gambar Anda pada beberapa perangkat Apple Anda yang terintegrasi dalam satu akun Apple. Ini merupakan sebuah solusi pencadangan yang hebat yang Apple lakukan pada iCloud-nya. Akan tetapi cara ini secara pasti akan menghabiskan ruang penyimpanan iCloud Anda. Karena semua Foto yang ada, entah foto yang Anda anggap penting atau tidak, secara otomatis akan terbackup pada iCloud Anda.

Cara Menonaktifkan iCloud Foto
Cara Menonaktifkan iCloud Foto

image source

Pada Mac, fitur iCloud Foto bekerja dengan menggunakan app Foto. Jika Anda mengaktifkan opsi Foto iCloud saat pertama kali mengatur Mac Anda, hal itu berarti app Foto tersebut menyimpan versi resolusi rendah dari semua foto pada akun iCloud Anda.

Mengingat cara kerjanya, tidak jarang perpustakaan foto pada Mac Anda hampir penuh atau bahkan bisa saja penuh untuk saat ini. Dan itu hanya ruang yang diambil oleh foto yang bahkan tidak Anda gunakan untuk penyimpanan lainnya. Nah, Anda dapat memperoleh kembali ruang penyimpanan tersebut dengan menonaktifkan fitur Foto iCloud pada Mac Anda. Berikut ini penulis berikan langkah-langkah menonaktifkan Foto iCloud pada Mac.

Cara Mudah Menonaktifkan iCloud Foto Pada Mac

  1. Pertama, buka aplikasi Foto pada Mac Anda. Anda dapat mencarinya pada Dock atau dengan menggunakan Pencarian Spotlight.
  2. Kemudian, klik menu “Photos” dari bilah menu atas dan pilih opsi “Preferences
  3. Buka tab “iCloud” dan hapus centang pada opsi “iCloud Photos“.

Dengan menghilangkan tanda centang tersebut, maka Mac Anda akan berhenti mengunggah dan mengunduh foto baru dari layanan iCloud. Pengaturan Ini juga akan terus berfungsi pada iPhone dan iPad Anda dan perangkat lain yang menggunakan akun iCloud sama. Bahkan setelah Anda menonaktifkan layanan Foto iCloud tersebut, Anda masih mendapatkan bahwa foto yang diunduh pada Mac Anda masih ada. Nah, untuk menghilangkannya, Anda bisa melakukannya dengan cara berikut ini.

Cara Hapus Foto dari Penyimpanan Mac Anda

  1. Pada aplikasi Foto, buka tab “Library” dan pilih foto yang ingin Anda hapus. Kemudian, klik kanan dan pilih tombol “Hapus Foto“. Alternatifnya, Anda dapat menggunakan tombol Delete pada keyboard Anda.
  2. Selanjutnya, pergi ke bagian “Recently Deleted” dari sidebar dan klik tombol “Hapus Semua“.
  3. Dari pop-up, klik tombol “Hapus” untuk konfirmasi.
  4. Sekarang, Mac Anda akan menghapus semua media dari penyimpanan lokal.

Kemudian Anda juga bisa menghapus foto-foto pada iCloud Anda. Dengan begini ada kemungkinan iCloud akan lebih lama untuk menghabiskan ruang penyimpanannya. Berikut cara menghapus Foto pada iCloud Anda.

Cara Mudah Menghapus Foto pada iCloud

Cadangan iCloud dapat menjadi penyelamat jika Anda kehilangan perangkat. Namun jika Anda secara teratur mencadangkan perangkat ke iCloud, hal ini tentunya juga akan berpengaruh pada penyimpanan iCloud Anda. Berikut cara Menghapus Foto pada iCloud Anda.

  1. Silahkan buka aplikasi iCloud Anda, kemudian Anda bisa melihat Foto berdasarkan momen tertentu atau tanggal Foto tersebut di upload.
  2. Pilih Foto yang akan Anda hapus.
  3. Lalu tekan ikon Tong Sampah, dan pilih opsi Hapus.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *