Cara Mengatur Keseimbangan Warna Apple TV Menggunakan iPhone

Mengatur keseimbangan warna Apple TV merupakan hal yang menarik, karena hal itu perlu Anda sesuaikan dengan kenyamanan mata ketika Anda menontonnya. Jika Anda menginginkan reproduksi warna paling akurat, Anda harus mencoba fitur Keseimbangan Warna bawaan. Menariknya, untuk mengatur keseimbangan warna ini, Anda bisa menggunakan iPhone agar lebih mudah dalam mengaturnya.

Cara Mengubah Keseimbangan Warna Apple TV
Cara Mengubah Keseimbangan Warna Apple TV

image source

Fitur keseimbangan warna Apple TV mengharuskan Anda mengarahkan kamera depan iPhone ke TV sehingga dapat mengidentifikasi cara untuk meningkatkan output video dekoder. Setelah kalibrasi selesai, Apple TV akan memberi tahu Anda tentang perubahan yang sudah Anda buat dan menunjukkan perbedaan antara kalibrasi asli dan warna keseimbangan yang sudah Anda atur.

Penting untuk diperhatikan bahwa Apple TV Anda tidak mengubah setelan gambar pada televisi Anda. Oleh karena itu, koreksi warna ini tidak akan ada jika Anda mengalihkan input atau memutar video dari sumber selain Apple TV.

Model Apple TV yang Mendukung Keseimbangan Warna

Meskipun fitur Color Balance Apple perkenalkan pada Apple TV 4K 2021. Namun fitur ini juga tersedia pada model Apple TV lama. Berikut ini beberapa daftar model Apple TV yang didukung fitur tersebut adalah:

  1. Apple TV 4K (Generasi Pertama)
  2. Apple TV 4K (Generasi Kedua)
  3. Apple TV HD

Selain itu, Anda juga harus menjalankan tvOS 14.5 atau lebih baru untuk menggunakan Color Balance.

IPhone Mana yang Anda Butuhkan untuk Menggunakan Keseimbangan Warna Apple TV?

Anda memerlukan iPhone yang memiliki fitur ID Wajah untuk mengaktifkan Keseimbangan Warna. Jika demikian, berarti beberapa iPhone seperti iPhone SE tidak bisa menjalankan fitur ini. Anda membutuhkan iPhone yang sudah memiliki fitur Face ID, seperti halnya iPhone X atau yang lebih baru.

Perlu Anda ketahui, fitur ini pertama kali diperkenalkan dengan iOS 14.5, jadi Anda memerlukannya atau versi iOS yang lebih baru agar berfungsi lebih optimal.

Cara Mengatur Keseimbangan Warna Apple TV Menggunakan iPhone

  1. Untuk menggunakan Color Balance, buka “Pengaturan” pada Apple TV Anda. Kemudian masuk pada “Video dan Audio”.
  2. Pada bagian bawah Kalibrasi, pilih “Keseimbangan Warna”.
  3. Sekarang buka kunci iPhone Anda. Anda akan menemukan prompt yang menanyakan apakah Anda ingin menggunakan Color Balance. Tap “Lanjutkan”.
  4. Kemudian pada Apple TV Anda, Anda akan melihat kotak berbentuk iPhone. Pegang iPhone Anda dalam jarak tiga inci dari layar ini dan pastikan kamera depan menghadap ke TV.
  5. Selanjutnya, Apple TV Anda akan memulai proses Color Balance.
  6. Tempatkan iPhone Anda sedekat mungkin dengan TV. Beberapa pengguna mengalami kegagalan dalam melakukan kalibrasi, namun dengan memindahkan iPhone Anda lebih dekat ke layar akan memperbaiki masalah ini.
  7. Setelah kalibrasi selesai, Apple TV Anda akan menampilkan pesan konfirmasi. Anda bisa klik “Lihat Hasil”. Maka Apple TV sekarang akan menampilkan salah satu screensaver-nya dengan dua opsi pada bagian bawah: Asli dan Seimbang. Anda dapat menggesek ke kiri menggunakan remote Apple TV untuk melihat seperti apa kalibrasi warna aslinya.
  8. Geser ke kanan untuk melihat seperti apa tampilan layar yang sudah Anda kalibrasi warna. Setelah Anda selesai membandingkan, pilih “Use Balanced” untuk menyelesaikan proses ini.
  9. Jika Anda tidak menyukai perubahan tersebut, Anda dapat memilih “Gunakan Yang Asli” untuk kembali ke kalibrasi yang Anda miliki sebelumnya. Selanjutnya Apple TV akan menampilkan pesan peringatan yang meminta Anda untuk mengonfirmasi kalibrasi mana yang ingin Anda gunakan. Jika Anda ingin kembali ke pengaturan awal, pilih tombol merah “Gunakan yang Asli”. Namun,
    jika Anda berubah pikiran, Anda selalu dapat memilih “Gunakan Seimbang” untuk mengikuti versi kalibrasi warna.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

One Reply to “Cara Mengatur Keseimbangan Warna Apple TV Menggunakan iPhone”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *