Cara Mudah Melakukan Drag Menggunakan Trackpad Mac Tanpa Mengklik

Melakukan drag atau menyeret jendela menggunakan trackpad Mac bisa menjadi hal membosankan. Biasanya dalam melakukan perintah ini, Anda perlu mengeklik, menahan, lalu menyeret. Namun berkat fitur aksesibilitas yang ada pada perangkat Mac, Anda dapat dengan cepat menyeret jendela menggunakan gerakan tiga jari.

Cara Menggunakan Trackpad Mac
Cara Menggunakan Trackpad Mac

image source

Semua perangkat Mac memiliki fitur trackpad Multi-Touch atau Magic Mouse. Sehingga Anda dapat melakukan berbagai tindakan praktis tanpa perlu mengkliknya. Anda hanya perlu mengetuk, menggeser, menjepit, atau merenggangkan satu atau beberapa jari untuk melakukan beberapa perintah, misalnya melakukan drag atau menggeser halaman dari atas ke bawah. Nah oleh karena itu, Berikut penulis berikan langkah-langkah cara menyiapkan fungsi tersebut agar bisa Anda gunakan.

Cara Melakukan Drag atau Menyeret Menggunakan Tiga Jari

Setelah diaktifkan, Anda tinggal menyeret dengan tiga jari tangan Anda. Pertama, dengan memindahkan kursor ke toolbar dan mengetuk trackpad dengan tiga jari secara perlahan, barulah Anda bisa memindahkan jendelanya sesuai dengan keinginan Anda. Lalu, gerakkan ketiga jari untuk memindahkan jendela kemanapun Anda mau. Setelah jendela mencapai tempat yang Anda inginkan, cukup angkat satu jari dari trackpad untuk melepaskan jendela yang terseret.

Biasanya, Anda dapat mengaktifkan fitur “tap-to-click” pada Mac untuk menghilangkan kebiasaan Anda yang selalu melakukan klik pada trackpad setiap saat. Namun, cara ini tidak berfungsi saat harus menyeret dan mengubah posisi jendela.

Cara Mengaktifkan Seret Tiga Jari pada Mac

Seret dengan tiga jari sangat mudah Anda aktifkan. Akan tetapi setelannya sedikit tersembunyi, karena secara default, pengaturan ini tidak aktif. Jadi Anda perlu mengaktifkan jika Anda ingin menggunakannya.

  1. Pertama, klik ikon Apple pada pojok kiri atas layar Mac Anda dan pilih “System Preferences“.
  2. Pada System Preferences, klik “Accessibility“.
  3. Kemudian pada bar samping Aksesibilitas, pilih opsi “Pointer Control“. Kemudian, di tab “Mouse & Trackpad”, klik tombol “Trackpad Options”.
  4. Maka akan tampil jendela kecil, klik tanda centang pada bagian samping “Enable Dragging,” lalu klik menu drop-down dan pilih “Three Finger Drag
  5. Setelah selesai, klik tombol “OK“.

Anda sekarang telah mengaktifkan fitur seret tiga jari. Cukup gerakkan kursor Anda ke bilah alat atas (atau bilah judul) pada aplikasi apa pun. Lalu seret menggunakan tiga jari, dan seluruh jendela akan bergerak!

Jika Anda merasa tidak menyukai gerakan seret tiga jari, Anda bisa dengan mudah untuk menonaktifkannya. Anda cukup menghilangkan tanda centang pada langkah ke 4 seperti di atas. Maka secara otomatis, fitur seret tiga jari tidak akan aktif.

Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *