Cara Mudah Memperbesar Font Kecil Secara Otomatis di Safari Mac

Memperbesar font pada Safari Mac tentunya akan memiliki banyak manfaat bagi Anda, terutama Anda yang kurang menyukai penggunaan font yang kecil. Sebagian pengguna merasa kurang nyaman bahkan merasa kesulitan membaca ketika menggunakan font kecil pada Safari.

Cara Memperbesar Font pada Safari
Cara Memperbesar Font pada Safari

image source

Adapun caranya sangatlah mudah untuk membuat semua font yang kecil pada Safari Anda menjadi besar secara otomatis. Paling tidak Anda bisa mengatur rentang ukuran font yang ingin Anda tetapkan agar bisa berubah secara otomatis. Anda hanya perlu masuk pada bagian Preferesni sistem untuk bisa melakukan semua ini. Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk memperbesar font kecil secara otomatis di Safari.

Baca juga: Cara Mudah Mengaktifkan Dark Mode di Safari Mac Anda

Ketika Anda sedang menggunakan Safari, Anda mungkin terbiasa dengan menambah atau mengurangi ukuran font pada setiap situs web menggunakan pintasan keyboard. Anda bisa menggunakan pintasan Command + Plus (“+”) untuk memperbesar dan Command + Minus (“-“) untuk memperkecil ukuran font pada keyboard. Namun jika Anda tidak ingin mengutak-atik pengaturan tersebut untuk setiap situs yang Anda buka, maka Anda perlu mengaturnya secara otomatis pada Safari Anda. Sehingga akan dapat meningkatkan ukuran font minimum dan menerapkannya pada semua situs web yang Anda kunjungi.

Cara Mudah Memperbesar Font Kecil Secara Otomatis di Safari Mac

Hal ini sebenarnya mirip dengan fitur Zoom pada Halaman Safari. Meskipun fitur zoom memperbesar konten dan teks, fitur ukuran font ini mempertahankan pemformatan halaman asli dan tidak menyentuh media pada halaman tersebut.

  1. Untuk memulainya, buka browser Safari pada Mac Anda. Klik “Safari” pada menu bar atas dan pilih “Preferensi“.
  2. Dalam Safari Preferences, klik tab “Advanced“.
  3. Pada tab “Lanjutan“, cari bagian “Aksesibilitas” dan klik tanda centang pada bagian samping “Jangan Gunakan Ukuran Font Lebih Kecil Dari (Never Use Font Sizes Smaller Than)“. Pada menu tarik-turun, pilih antara ukuran font titik “14”, “18”, atau “24”.
  4. Jika Anda merasa teks sangat sulit ketika Anda baca, maka gunakan ukuran font 24 poin, yang akan menggandakan ukuran teks default untuk sebagian besar situs web. Namun, bagi sebagian orang, ukuran 18 poin adalah sweet spot.
  5. Seketika, Anda akan melihat teks pada semua situs web yang terbuka berubah menjadi ukuran yang lebih besar.

Namun, jika Anda berubah pikiran nanti dan ingin ukuran font yang lebih kecil kembali, klik “Safari” pada menu bar dan arahkan ke Preferensi => Lanjutan, lalu hapus centang opsi “Jangan Gunakan Ukuran Font Lebih Kecil Dari”. Sebagai alternatif, Anda cukup memilih ukuran font yang lebih kecil dari menu.

Hal ini juga berlaku untuk perangkat iPhone Anda. Jika Anda ingin melakukan hal yang sama pada iPhone atau iPad, maka Anda tidak dapat membuat perubahan menyeluruh yang berlaku untuk semua situs web. Akan tetapi Anda dapat menambah atau mengurangi ukuran font pada halaman web mana pun di Safari hanya dengan beberapa ketukan.

Selamat mencoba, semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

One Reply to “Cara Mudah Memperbesar Font Kecil Secara Otomatis di Safari Mac”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *