Cara Mudah Memperbarui Browser Safari Pada Mac Anda

Memperbarui browser safari merupakan langkah yang baik untuk terus membuat browser web Anda semakin nyaman. Dan salah satu alasan lainnya adalah membuat keamanan browser tetap terupdate, sehingga tidak mudah kebocoran data-data penting yang ada pada browser Safari Anda.

Cara Mudah Memperbarui Browser Safari
Cara Mudah Memperbarui Browser Safari

image source

Salah satu yang menjadi masalah pada Browser Safari ini adalah tidak memiliki tombol perbarui. Walaupun hal ini bukan hanya pada Safari saja, melainkan beberapa browser lain juga tidak memiliki tombol khusus untuk memperbarui aplikasinya. Seperti Google Chrome, Microsoft Edge dan Mozilla Firefox.

Nah, pada kesempatan ini penulis akan memberikan langkah-langkah untuk melakukan pembaruan pada browser Safari agar bisa lebih nyaman dalam berselancar dalam dunia internet. Berikut ini cara memperbarui mudah Safari pada komputer Mac Anda.

Cara Mudah Memperbarui Safari Melalui Preferensi Sistem

  1. Untuk memperbarui Safari, Anda harus menggunakan fitur Pembaruan Perangkat Lunak pada Preferensi Sistem. Untuk membukanya, klik ikon Apple pada pojok sudut kiri atas layar.
  2. Kemudian pada menu yang muncul, pilih opsi “System Preferences”. Klik “Pembaruan Perangkat Lunak”.
  3. Panel Pembaruan Perangkat Lunak akan menunjukkan apakah ada pembaruan perangkat lunak yang tersedia untuk Mac Anda atau tidak. Jika ada, Anda akan memiliki dua pilihan.
  4. Jika Anda ingin menginstal sistem operasi terbaru bersama dengan versi terbaru Safari, cukup klik tombol “Perbarui Sekarang” dan ikuti prosesnya.
  5. Jika Anda hanya ingin menginstal pembaruan pada Safari, klik “Info Lebih Lanjut” pada bagian bawah daftar pembaruan yang tersedia untuk melihat daftar terperinci dari semua pembaruan.
  6. Setelah mengklik “Info selengkapnya,” sebuah panel akan muncul yang mencantumkan pembaruan yang tersedia untuk Mac Anda. Pastikan bahwa pembaruan “Safari” yang Anda pilih, dan hapus centang “macOS” jika Anda tidak ingin memasang pembaruan sistem bersamanya. Jika Anda sudah siap, klik “Pasang Sekarang”.
  7. Setelah beberapa saat, pembaruan Safari baru yang sudah diperbarui akan diinstal pada Mac Anda.

Setelah proses pembaruan selesai, Anda dapat keluar dari aplikasi Preferensi Sistem dengan aman menggunakan tombol Tutup merah pada sudut jendela. Selain itu, ada baiknya juga Anda untuk mengaktifkan fitur pembaruan otomatis agar Safari dan Mac Anda tetap diperbarui jika terdapat update terbaru.

Menjaga Safari Selalu Ter-up-to-date

Setiap tahun, Apple merilis fitur baru untuk Safari, dan Anda biasanya menginstalnya tanpa menyadarinya karena fitur tersebut sudah Anda tautkan ke pembaruan macOS yang Anda dapatkan pada Preferensi Sistem.

Namun karena Safari adalah browser, Apple sering kali mengizinkan Anda memperbarui Safari saja ke versi terbaru tanpa harus menginstal pembaruan OS. Misalnya, saat Safari 14.0 dibundel pada macOS Big Sur, pengguna macOS Catalina masih dapat memperbaruinya hanya dengan memilih Safari saja pada Preferensi System. Tak hanya itu, Apple juga menyediakan pembaruan keamanan rutin untuk versi Safari yang lebih lama, yang merupakan alasan utama mengapa kami menyarankan Anda untuk memperbaruinya.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat untuk Anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *