Cara Memasangkan Pengontrol PS5 DualSense dan Xbox Series X Dengan iPhone, iPad, dan Apple TV

Dengan rilisnya iOS 14.5 dan tvOS 14.5, pengguna Apple kini dapat memasangkan pengontrol PS5 DualSense dan Xbox Series X. Baik pada iPhone, iPad, dan bahkan Apple TV mereka. Sehingga Anda bisa memanfaatkan pengontrol ini untuk bermain game dengan lebih mudah dan nyaman.

Cara Mudah Memasangkan Pengontrol PS5
Cara Mudah Memasangkan Pengontrol PS5

image source

Sebenarnya sejak iOS 13 dan tvOS 13, pengguna juga dapat menyambungkan pengontrol konsol populer lainnya. Namun tidak bisa untuk pengontrol PS5 DualSense yang terbaru ke ‌perangkat iPhone‌ atau ‌Apple TV‌. Pengontrol ini dapat pengguna gunakan untuk memainkan game Apple Arkade dan game iOS lainnya. Jadi Anda tidak perlu mengeluarkan uang ekstra untuk membeli pengontrol yang kompatibel dengan MFi.

Namun dengan hadirnya pembaruan terbaru, iOS 14.5 dan tvOS 14.5, membawa banyak dukungan tambahan. Salah satunya untuk pengontrol game terbaru dari Sony dan Microsoft. Jadi bagi Anda yang memiliki pengontrol PS5 DualSense dan juga pengontrol Xbox Series X bisa Anda gunakan pada perangkat Apple Anda.

Dalam artikel ini, penulis akan memberikan langkah-langkah untuk memasangkan pengontrol DualSense atau Seri X ke perangkat Apple Anda. Jika Anda tidak dapat melakukannya, Anda harus memperbarui ‌terlebih dahulu iPhone‌ / ‌iPad‌ ke iOS 14.5. Caranya Anda bisa masuk melalui Pengaturan => Umum => Pembaruan Perangkat Lunak. Sedangkan untuk Apple TV‌ ke tvOS 14.5 melalui Pengaturan => Sistem => Pembaruan Perangkat Lunak.

Cara Menghubungkan Pengontrol PS5 DualSense ke iPhone atau iPad

  1. Buka Pengaturan perangkat iOS Anda dan arahkan ke Bluetooth.
  2. Pada pengontrol DualSense Anda, tekan dan tahan tombol Bagikan. Biasanya terletak pada sebelah D-Pad, dengan tiga garis keluar dari atas dan tombol PS (antara stik ibu jari) secara bersamaan. Tahan setidaknya selama tiga detik, sampai Anda melihat bilah lampu berkedip biru.
  3. Setelah lampu berkedip, buka iPhone‌ / ‌iPad‌, pada bagian bawah “Other Devices“, ketuk pengontrol PS5 DualSense Anda.
  4. Ketuk Pasangkan.

Untuk menghemat baterai setelah Anda selesai menggunakan pengontrol, Anda bisa memutuskan penyandingannya. Caranya kembali ke layar pengaturan Bluetooth dan ketuk ikon info (“i”) sebelah pengontrol PS5. Lalu ketuk Putuskan atau Lupakan perangkat ini untuk menghapusnya dari daftar.

Cara Menghubungkan Pengontrol Xbox Series X ke iPhone atau iPad

  1. Buka aplikasi Pengaturan perangkat iOS Anda dan arahkan ke Bluetooth.
  2. Pada Pengontrol Xbox Series X Anda, tahan tombol pemasangan yang terletak pada bagian atas pengontrol selama beberapa detik hingga lampu berkedip.
  3. Kemudian pada iPhone‌ / ‌iPad‌, masuk ke Bluetooth, pilih “Other Devices“, ketuk pengontrol Xbox Series X Anda.
  4. Ketuk Pasangkan.

Untuk menghemat baterai setelah Anda selesai menggunakan pengontrol, kembali ke layar pengaturan Bluetooth dan ketuk ikon info (“i”) di sebelah pengontrol Xbox Series X, lalu ketuk Putuskan atau Lupakan perangkat ini untuk menghapusnya dari daftar.

Cara Menyambungkan Pengontrol DualSense PS5 ke Apple TV

  1. Buka aplikasi Pengaturan pada ‌Apple TV‌ dan pilih Remote dan Perangkat => Bluetooth.
  2. Pada pengontrol DualSense Anda, tekan dan tahan tombol Bagikan. Sampai Anda melihat lampu berkedip biru.
  3. Kemudian pada Apple TV‌ Anda, pilih DualSense Controller untuk memasangkannya, yang nantinya akan konfirmasi dengan pemberitahuan pada tvOS.

Cara Menghubungkan Pengontrol Nirkabel Xbox ke Apple TV

  1. Buka aplikasi Pengaturan pada ‌Apple TV‌ dan pilih Remote dan Perangkat => Bluetooth.
  2. Pada pengontrol Xbox Series X Anda, tahan tombol pemasangan yang terletak pada bagian atas pengontrol selama beberapa detik.
  3. Kemudian pada ‌Apple TV‌, pilih pengontrol Xbox Series X untuk memasangkannya, yang akan dikonfirmasi dengan pemberitahuan pada tvOS.

Langkah-langkah di atas seharusnya berfungsi untuk sebagian besar pengontrol konsol nirkabel, termasuk pengontrol DualShock 4 Wireless dan pengontrol Xbox Wireless. Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

One Reply to “Cara Memasangkan Pengontrol PS5 DualSense dan Xbox Series X Dengan iPhone, iPad, dan Apple TV”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *