Cara Mudah Menggunakan Mode Split Screen Pada Mac

Mode Split Screen adalah sebuah mode untuk membagi layar menjadi dua bagian atau lebih. Melalui mode ini Anda bisa bekerja lebih nyaman dengan mengontrol beberapa pekerjaan dalam satu layar. Misalnya Anda bisa mengetik sambil melakukan browsing dalam satu layar sekaligus tanpa perlu berpindah layar.

Cara Mudah Menggunakan Mode Split Screen
Cara Mudah Menggunakan Mode Split Screen

image source

Jika Anda terbiasa menjalankan aplikasi secara berdampingan pada Windows, beralih ke Mac mungkin mengejutkan. Karena pada Mac tidak bisa secara langsung membuat layar split layaknya Anda menggunakan komputer Windows. Lantas, bagaimana Anda mengaktifkan mode split pada layar komputer Mac Anda. Hal ini tentunya akan menangani tugas dengan elegan ketika antarmukanya sangat berbeda? Jangan khawatir, ini mungkin lebih mudah dari yang Anda pikirkan.

Berikut ini cara menggunakan layar terbagi (alias Split Screen) pada Mac, apa pun versi MacOS yang Anda gunakan, penulis akan kupas secara tuntas.

Cara Mengaktifkan Mode Split Screen pada Mac Menggunakan MacOS Catalina

Jika Anda menggunakan MacOS Catalina atau versi lebih baru, Apple membuat Split View cepat dan mudah. Anda akan tahu persis ke mana aplikasi akan Anda arahkan dan bagaimana cara menggunakannya. Kami akan menunjukkan kepada Anda cara mengaktifkan mode split pada Mac menggunakan metode ini setelah Anda membuka aplikasi yang ingin Anda gunakan.

  1. Arahkan mouse ke atas tombol hijau aplikasi (pada bagian kiri atas) atau klik dan tahan.
  2. Klik Jendela Ubin ke Kiri / Kanan Layar agar aplikasi itu mengisi sisi layar yang relevan.
  3. Sisi lain layar akan menampilkan aplikasi lain yang sedang berjalan; klik salah satunya untuk membuatnya memenuhi sisi layar itu.
  4. Anda dapat menyesuaikan lebar jendela dengan menyeret garis pemisah, mengganti posisi jendela dengan menyeretnya ke sisi lain, dan beralih ke aplikasi lain menggunakan Kontrol Misi atau gerakan trackpad.
  5. Untuk keluar dari mode ini, gerakkan penunjuk mouse Anda ke atas layar dan klik tombol hijau lagi untuk keluar dari Split View untuk aplikasi tersebut.
  6. Beralih ke aplikasi lain dan ulangi langkah 5 untuk keluar dari mode layar penuh.

Cara Mengaktifkan Mode Split Screen dengan Versi macOS yang Lebih Lama

Jika Anda tidak menjalankan Catalina atau yang lebih baru, Anda masih bisa menggunakan mode split ini selama Anda menggunakan setidaknya OS X El Capitan. Anda dapat menjalankan mode Split Screen menggunakan metode sederhana (namun sedikit lebih rumit). Ini adalah cara memasuki mode split Screen pada platform Mac yang lebih lama.

  1. Klik dan tahan tombol hijau aplikasi (pada kiri atas). Jendela aplikasi akan menyusut.
  2. Sambil menahan tombol, seret aplikasi ke sisi kiri atau kanan layar dan lepaskan.
  3. Sisi lain layar akan menampilkan aplikasi lain yang sedang berjalan. Klik salah satu untuk mengisi sisi itu.
  4. Anda dapat menyesuaikan lebar jendela dengan menyeret garis pemisah, mengganti posisi jendela dengan menyeretnya ke sisi lain. Selain itu, juga beralih ke aplikasi lain menggunakan Kontrol Misi atau gerakan trackpad.
  5. Untuk keluar dari layar Split (Split View), gerakkan penunjuk mouse Anda ke atas layar dan klik tombol hijau. Satu aplikasi akan kembali normal, sementara yang lain akan tetap dalam mode layar penuh pada latar belakang.
  6. Pilih aplikasi layar penuh dan ulangi langkah 5 untuk keluar dari tampilan Split.

Bagaimana Jika Fitur Tersebut Tidak Berfungsi?

Hal-hal terkadang bisa menjadi rumit. Jika karena alasan tertentu Anda tidak bisa menggunakan mode Split Screen ini. Mungkin ada baiknya melihat kembali pengaturan untuk melihat apakah fitur tersebut aktif atau tidak pada komputer Mac Anda.

  1. Klik pada Menu Apple.
  2. Pilih System Preferences.
  3. Pergilah ke Mission Control.
  4. Aktifkan Displays have separate Spaces.

Selamat mencoba dan semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *