Begini Langkah-Langkah Cepat Berpindah Antar User di Mac

Cara berpindah antar user pada Mac bisa Anda lakukan dengan mudah. Sama halnya dengan Anda menggunakannya pada Windows. Hanya saja langkah-langkah yang perlu Anda tempuh tentunya berbeda antara Mac dengan Windows. Sehingga dalam hal ini penulis perlu untuk membahasnya agar bisa Anda pahami dengan baik.

Begini Cara Cepat Berpindah Antar User pada Mac
Begini Cara Cepat Berpindah Antar User pada Mac

image source

Fitur multi-user pada macOS memungkinkan Anda berbagi satu komputer dengan banyak orang, tanpa perlu menggunakan user Anda. Jadi secara langsung, data-data Anda yang ada pada browser tidak bisa diakses oleh pengguna lain. Karena user yang Anda buat hanyalah user yang memiliki akses terbatas pada komputer Anda. Sedangkan Anda sebagai Administrator memiliki akses yang cukup luas pada komputer Anda.

Akan tetapi yang menjadi sedikit masalah adalah beralih antar pengguna ini bisa menjadi proses yang lambat. Berikut cara mudah untuk mempercepatnya dengan menambahkan Fast User Switching ke menu bar dan Control Center. Sehingga mengaksesnya juga lebih mudah, cukup dengan sekali klik.

Cara Mengaktifkan Pergantian Pengguna Secara Cepat Pada Bilah Menu dan Control Center

Jika Anda menggunakan macOS Big Sur, maka Anda dapat menambahkan kontrol peralihan multi-pengguna ke Control Center atau langsung ke bilah menu utama. Sehingga ini akan memungkinkan Anda beralih antar pengguna hanya dalam beberapa detik saja. Jadi pekerjaan Anda tetap tidak akan terganggu karena menunggu peralihan user selesai. Inilah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan.

  1. Anda dapat mengaturnya melalui System Preferences. Klik ikon Apple pada sudut kiri atas layar dan pilih “System Preferences.”
  2. Pada System Preferences, klik “Dock & Menu Bar.”
  3. Kemudian pada bilah sisi kiri, gulir ke bawah dan pilih “Pengalihan Pengguna Cepat.” Klik tanda centang di sebelah “Show in Menu Bar” atau “Show in Control Center” untuk mengaktifkan masing-masing fitur.
  4. Sekarang Anda dapat mengklik tombol “Tutup” pada sudut kiri atas jendela untuk keluar dari System Preferences dengan cepat.

Nah, kemudian untuk menggunakan fitur yang baru saja Anda aktifkan, klik ikon bilah menu Fast User Switching (yang terlihat seperti garis luar orang dalam lingkaran). Ini biasanya terletak pada sudut kanan atas layar Anda. Anda akan melihat semua pengguna yang tersedia. Pilih pengguna jika Anda ingin beralih ke pengguna lainnya.

Jika akun pengguna tidak memiliki perlindungan kata sandi, macOS akan langsung beralih ke akun tersebut. Namun, jika memiliki kata sandi, Anda harus memasukkan kata sandi atau menggunakan Touch ID agar bisa masuk pada pengguna lain.

Cara Mengaktifkan Pergantian Pengguna Secara Cepat Pada Control Center

Kemudian, Jika Anda ingin beralih ke pengguna lain melalui Pusat Kontrol dengan cepat. Maka, klik ikon Control Center (yang terlihat seperti dua sakelar) pada sudut kanan atas layar. Biasanya terletak tepat pada sebelah waktu dan tanggal.

  1. Anda akan menemukan kontrol Fast User Switching pada bagian bawah Control Center. Cukup klik kontrol untuk melihat semua akun pengguna yang tersedia.
  2. Jika Anda tidak menginginkan fitur Fast User Switching pada bilah menu, Anda cukup menyeretnya keluar dari bilah menu sambil menahan tombol Command untuk menghilangkannya.
  3. Atau, Anda dapat pergi ke System Preferences => Dock & Menu Bar => Fast User Switching untuk mematikan fitur “Show in Menu Bar” dan “Show in Control Center” satu per satu.

Cara Menyesuaikan Pergantian Pengguna Dengan Cepat

Ada sedikit lagi fitur Fast User Switching yang memungkinkan Anda menyesuaikan tampilan fitur pada bilah menu. Secara default, Anda hanya melihat ikon sederhana, tetapi Anda dapat mengubahnya untuk menampilkan nama pengguna atau profil pada bilah Menu atas juga.

  1. Untuk melakukannya, buka System Preferences dan klik “Users & Groups“.
  2. Pada pojok kiri bawah jendela, klik ikon kunci agar Anda dapat membuat perubahan.
  3. Otentikasi menggunakan kata sandi Anda dan klik tombol “Buka Kunci“.
  4. Selanjutnya buka bagian “Opsi Masuk” pada bilah sisi, dan pada opsi “Tampilkan Menu Beralih Pengguna Cepat sebagai“, pilih opsi “Nama Lengkap” atau “Nama Akun“.
  5. Ikon Fast User Switching pada bilah menu akan diperbarui dengan opsi yang Anda pilih.

Setelah Anda selesai mengonfigurasinya sesuai keinginan Anda, klik tombol Tutup berwarna merah untuk keluar dari aplikasi System Preferences.

Sekarang setelah Anda memiliki pengaturan multi-pengguna, Anda harus membiasakan keluar dari Mac Anda setiap kali Anda jauh darinya. Tapi jangan khawatir, cara ini tidaklah membosankan seperti kedengarannya. Faktanya, Mac menawarkan delapan cara berbeda (mulai dari pintasan keyboard hingga gerakan) untuk membantu Anda keluar dengan aman dan cepat!

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *