Begini Cara Menggunakan Focus Mode Pada Pada iOS 15

Dengan rilisnya iOS 15, Apple membawa fitur baru pada sistem operasinya, yakni Focus Mode. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi tingkat gangguan secara keseluruhan dari ponsel Anda. Apalagi sekarang ini, kehadiran smartphone merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari untuk tetap saling berkomunikasi dengan yang lain. Akan tetapi smartphone bisa menjadi salah satu gangguan terbesar jika Anda tidak bisa mengatur dengan sebaik-baiknya.

Cara Menggunakan Focus Mode Pada Pada iOS 15
Cara Menggunakan Focus Mode Pada Pada iOS 15

image source

Misalnya ketika Anda sedang beristirahat, ponsel tiba-tiba berdering, secara tidak langsung ponsel ini akan mengganggu Anda. Selain itu, semisal Anda lupa mematikan nada alarm yang tiba-tiba berbunyi pada waktu yang tidak tepat, maka akan membuat Anda terganggu. Dan banyak lagi hal lain yang membuat Anda merasa kurang nyaman dengan ponsel Anda.

Nah dengan demikian, Menurut Apple “adanya fitur baru tersebut akan menyaring notifikasi berdasarkan apa yang Anda butuhkan pada ponsel Anda“. Meskipun definisinya agak kabur, fitur ini berfungsi untuk membatasi jumlah notifikasi yang masuk pada ponsel Anda setiap hari. Jadi ketika fitur ini Anda aktifkan, maka tidak semua notifikasi dapat masuk pada ponsel Anda, kecuali hanya aplikasi tertentu yang Anda kecualikan.

Hal ini juga dapat bermanfaat bagi Anda untuk melakukan personalisasi dengan mempertimbangkan konteks yang Anda butuhkan. Seperti saat sedang bekerja, tidur, mengemudi, bermain game, dan parameter lainnya. Anda dapat menetapkan “batas” sesuai dengan keinginan Anda. Secara tidak langsung, fitur ini akan sama dengan fitur Do Not Disturb pada ponsel Android.

Secara default, setiap kali Anda mengaktifkan Focus Mode, maka akan memblokir notifikasi yang masuk. Namun jika Anda ingin mencegah hal ini terjadi, Anda dapat menonaktifkan opsi ini pada pengaturan Fokus.

Perlu Anda ingat bahwa, fitur ini sekarang tersedia pada iOS 15 beta. Oleh karena itu, kemungkinan ada perubahan antara sekarang dan rilis final iOS 15 nanti pada bulan September akhir tahun.

Cara Mengatur Fitur Fokus pada iOS 15

  1. Jika Anda sudah menggunakan iOS 15 pada iPhone Anda, cobalah masuk pada Pengaturan.
  2. Silahkan arahkan ke opsi Focus, yang terletak pada bagian bawah Sound & Haptics.
  3. Kemudian pada layar Fokus utama, Anda akan memiliki beberapa opsi Jangan Ganggu, Pribadi, Tidur, dan Kerja. Untuk menambahkan mode Fokus khusus, klik ikon “+” yang terletak pada sudut kanan atas.
  4. Opsi Bagikan pada Seluruh Perangkat akan aktif secara default. Jika Status Fokus Anda aktifkan, maka semua perangkat Anda (Mac, iPad, dan Apple Watch) juga akan dikonfigurasi sesuai. Untuk menghentikan hal ini terjadi, cukup geser sakelar untuk menonaktifkannya.
  5. Pada Status Fokus, Anda dapat menyesuaikan aplikasi mana yang dapat mengakses status Fokus Anda (Kerja atau Tidur, misalnya). Secara default, aplikasi “Pesan” akan mengakses status Fokus Anda.
  6. Terakhir, kami memiliki opsi Panggilan Telepon, yang juga dapat Anda konfigurasi sesuai dengan kontak dan grup kontak saat Fokus Aktif.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

One Reply to “Begini Cara Menggunakan Focus Mode Pada Pada iOS 15”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *