Begini Cara Mudah Mengaktifkan Fokus Pada iOS 15

Mengaktifkan fitur fokus iOS 15 merupakan hal baru yang bisa membuat Anda lebih menikmati momen dengan membuat fokus tertentu pada ponsel Anda. Dengan fitur baru ini, Anda bisa meminimalisir gangguan dan mengalihkan perhatian Anda pada satu hal pokok yang sudah Anda rencanakan.

Cara Mudah Mengaktifkan Fokus Pada iOS 15
Cara Mudah Mengaktifkan Fokus Pada iOS 15 – image source

Fitur ini merupakan fitur khusus yang hadir bagi Anda yang sudah menggunakan iOS 15. Ini bisa memilih yang Anda sarankan berdasarkan konteks, seperti selama jam kerja atau saat Anda mereda untuk tidur.

Cara Mengaktifkan Fokus Pada iOS 15

Untuk mengaktifkannya cukup dengan meluncurkan Pusat Kontrol dengan menggesek ke bawah secara diagonal dari sudut kanan atas layar. Lalu Anda tinggal mengetuk tombol Fokus, lalu pilih Fokus yang ingin Anda aktifkan. Ingat, Anda juga dapat menekan tombol elipsis (tiga titik) untuk mengaktifkannya Selama 1 jam, Hingga malam ini, atau Hingga saya meninggalkan lokasi ini.

Lalu, untuk menonaktifkan Fokus aktif, cukup ketuk lagi tombol Fokus melalui Pusat Kontrol, lalu ketuk tombol Fokus yang Anda sorot.

Saat Anda menghidupkan/mematikan Fokus, itu otomatis diaktifkan/dinonaktifkan pada semua perangkat Anda yang terhubung dengan ID Apple yang sama. Namun, Anda dapat mengubah cara ini dengan membuka Pengaturan => Fokus dan matikan sakelar pada sebelah Bagikan untuk Seluruh Perangkat.

Cara Melakukan Customize / Menyesuaikan Fokus

Pada iOS 15, fitur Fokus baru Apple bertujuan untuk mengurangi gangguan dan mengatur perangkat Anda untuk membantu Anda saat ini. Anda dapat melakukan ini dengan membuat Fokus baru atau memilih yang sudah Apple sarankan berdasarkan konteksnya.

Selain itu, Anda dapat melakukan customize / menyesuaikan Fokus untuk Anda atur sendiri. Anda dapat melakukannya dengan masuk ke Pengaturan => Fokus dan memilih mode Fokus. Dalam opsi Fokus, ada beberapa pengaturan yang tersedia untuk Anda. pada bagian atas menu, Anda dapat mengubah nama dan ikon Fokus dengan mengetuknya, dan mengubah orang dan aplikasi yang Anda senang untuk menerima pemberitahuan.

Lalu, pada bagian bawahnya, Anda akan melihat sakelar untuk mengaktifkan/menonaktifkan Pemberitahuan Sensitif Waktu. Dengan mengaktifkan opsi ini, orang dan aplikasi akan segera memberi tahu Anda bahkan saat Anda mengaktifkan Fokus.

Pada bagian bawah “Opsi“, Anda akan melihat Status Fokus, mengaktifkan ini memungkinkan aplikasi untuk tampilkan kepada orang-orang yang mengirimi Anda pesan bahwa Anda telah menonaktifkan notifikasi. Namun selain itu, Anda juga akan melihat opsi untuk Menyembunyikan Lencana Pemberitahuan pada ikon aplikasi dan opsi untuk menyembunyikan halaman Layar Beranda‚ÄĆ tertentu menggunakan sakelar Halaman Kustom. Anda juga dapat memilih untuk Meredupkan tampilan Layar Terkunci dan Menampilkan pada Layar Terkunci setiap notifikasi yang tidak terdengar yang Anda terima.

Untuk bagianterakhir, “Aktifkan Secara Otomatis“, Anda akan melihat opsi Aktivasi Cerdas. Mengaktifkan ini akan secara otomatis mengaktifkan Fokus yang dipilih pada waktu yang relevan sepanjang hari, berdasarkan sinyal seperti lokasi Anda, penggunaan aplikasi, dan lainnya.

Jika Anda merasa kurang nyaman, Anda dapat menggunakan opsi Tambah Jadwal atau Otomatisasi alternatif untuk mengaktifkan Fokus secara otomatis pada waktu, lokasi, atau saat menggunakan aplikasi tertentu.

Penyesuaian apa pun yang Anda buat pada Fokus akan diterapkan saat Anda mengaktifkannya lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *