Cara Menggunakan Mode Cinematic pada iPhone 13 Pro

Salah satu kelebihan iPhone 13 adalah mode Cinematic yang pada kameranya. Anda dapat merekam video dengan efek bokeh yang lebih menarik dari biasanya. Selain itu, Penulis juga akan menjelaskan bagaimana Anda dapat merekam video yang indah dengan kedalaman bidang dan cara mengeditnya setelahnya menggunakan iPhone 13 ataupun perangkat lain.

Mode Cinematic iPhone 13
Mode Cinematic iPhone 13

Anda biasanya dapat langsung mengetahui apakah video diambil dengan smartphone atau kamera “asli”. Perbedaan besar adalah fokus yang lebih selektif terhadap mereka yang menjadi objek. Sehingga memungkinkan orang yang merekam memilih apakah akan membuat latar depan atau latar belakang melayang, secara harfiah berfokus pada subjek tertentu.

Bagaimana Cara Kerja Mode Cinematic?

Foto bokeh sebenarnya sudah ada sejak dulu dengan menggunakan kamera sistem atau camcorder profesional yang memiliki sensor besar. Namun begitu, Anda juga dapat membuat keburaman serupa menggunakan perangkat lunak pada smartphone modern sekarang ini. Ya, beberapa smartphone Android telah mampu merekam video dengan bokeh selama bertahun-tahun. Akan tetapi itu tidak bekerja dengan cara yang ramah pengguna dan bersih dalam persaingan seperti halnya Mode Sinematik yang dapat Anda temukan hanya pada iPhone 13 saat ini.

Sebuah keunggulan bagaimana iPhone 13 merekam peta kedalaman samping video. Video mentah yang direkam oleh smartphone tajam dari latar depan ke latar belakang. Sekarang, jika iPhone itu sendiri atau pengguna mengatur fokus dalam video, Mode Sinematik akan melembutkan area spasial pada depan dan belakang objek Anda.

Karena iPhone menyimpan video secara mentah, peta kedalaman dan titik fokus yang ditentukan terpisah satu sama lain. Sehingga memungkinkan fokus video diedit setelahnya tidak hanya pada iPhone 13 itu sendiri, tetapi juga pada perangkat lain.

Sedangkan untuk perekamannya sendiri, Cinematic Mode saat ini tersedia untuk kamera wide-angle dan telephoto bagian belakang, serta kamera selfie. Berikut perangkat iPhone 13 yang mendukung Mode Cinematic untuk Anda coba:

1. iPhone 13
2. iPhone 13 mini
3. iPhone 13 Pro
4. iPhone 13 Pro Max

Cara Merekam Video dengan Mode Cinematic

Mode Sinematik tampil secara mencolok pada aplikasi Kamera iPhone 13, yang terletak antara Mode Video dan Slow Motion Mode. Setiap ketukan akan mengaktifkan mode masing-masing, dan tombol mulai rekam ditandai dengan icon titik merah yang besar.

Secara default, aplikasi kamera menyoroti semua wajah dan objek tertentu, dalam hal ini bekerja saat perekaman baru mulai. Saat perekaman sedang berjalan, Mode Sinematik mencoba menentukan orang yang paling aktif dan mengatur fokus yang sesuai. Namun, Anda juga dapat mengalihkan fokus secara manual dengan mengetuk layar.

Lihat dalam video berikut ini, Anda dapat melihat bagaimana fokus hanya berubah secara otomatis ketika salah seorang dari mereka berbicara ke kamera pada latar depan. Jika tidak, Mode Sinematik mempertahankan fokus pada objek lain hingga Anda perlu mengubahnya secara manual dengan satu ketukan jari.

Pemfokusan bekerja tidak hanya dengan orang tetapi juga dengan objek tertentu. Mode Sinematik kemudian melacaknya dan membuatnya tetap fokus. Dengan ketukan yang lama, Anda mengunci “autofokus virtual” ke jarak tertentu dan dengan demikian menjaga, misalnya, seseorang atau objek di latar depan dalam fokus, apa pun yang terjadi pada latar belakang.

Semoga bisa bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *