Panduan iPhone, iPad & Mac,Tutorial iOS, OS X, iPhone, iPad, iPad Mini, iPod Touch & Mac

Cara Mengubah Pengaturan Default Pada Kamera iPhone

Cara Mengubah Pengaturan Default Pada Kamera iPhone
Cara Mengubah Pengaturan Default Pada Kamera iPhone

Pernahkah Anda mencoba untuk mengubah pengaturan default pada kamera saat mengambil gambar pada iPhone Anda? Biasanyya secara default, kamera yang digunakan perangkat Anda merupakan aplikasi kamera bawaan ponsel. Lantas bagaimana jika Anda ingin mencoba kamera baru dari aplikasi pihak ketiga yang Anda download dari App Store.

Cara Mengubah Pengaturan Default Pada Kamera iPhone
Cara Mengubah Pengaturan Default Pada Kamera iPhone – image source

Secara mudah Anda bisa dengan langsung mengubah pengaturan default kamera yang ingin Anda gunakan saat membuka kamera tersebut. Akan tetapi jika Anda tidak ingin mengutak-atik pengaturan Anda secara terus menerus, berikut langkah yang harus Anda lakukan untuk mengubah kamera default pada iPhone Anda.

Cara Mengubah Pengaturan Default Pada Kamera iPhone

Aktifkan Mode Kamera

Jika Anda memiliki mode kamera pilihan, pengaturan pencahayaan, atau ingin menghapus Live Photos secara permanen, caranya adalah dengan membuka Pengaturan => Kamera => Pertahankan Pengaturan. Silahkan aktifkan Mode Kamera untuk menjadikan mode yang terakhir Anda gunakan sebagai default baru.

Aktifkan juga Kontrol Kreatif (Kontrol Filter & Pencahayaan pada iPhone X dan model lama) untuk melakukan hal yang sama. Seperti filter, rasio aspek, pencahayaan, atau pengaturan kedalaman yang terakhir Anda gunakan. Selain itu, Anda dapat mengaktifkan Penyesuaian Eksposur (khusus untuk iPhone 11 dan lebih tinggi) guna mempertahankan pengaturan eksposur yang mungkin ingin Anda pertahankan.

Namun bagaimana jika Anda tidak menyukai Live Foto? Anda dapat Menonaktifkan Live Photo untuk memastikan pengaturan tidak berubah kembali setelah Anda menonaktifkannya pada aplikasi Kamera.

Setel Pengaturan Kamera Default Baru

Setelah opsi Anda atur semuanya seperti di atas, saatnya untuk beralih ke aplikasi Kamera Anda dan mengatur preferensi kamera baru Anda. Gunakan tombol pada bagian atas layar dan, jika Anda memiliki iPhone 11 atau lebih tinggi, ikon yang tersembunyi ada pada pengaturan tambahan belakang panah bawah. Anda juga dapat mengaktifkan atau mematikan lampu kilat, mengaktifkan atau menonaktifkan Live Photos, mengatur timer, menambahkan filter, dan memperbesar atau memperkecil.

Bagi mereka yang memiliki iPhone 11 atau lebih tinggi, Anda juga dapat mengelola Mode Malam, mengubah aspek rasio, dan mengubah eksposur. Jika Anda ingin mengatur Potret sebagai mode default, Anda juga dapat mengatur pencahayaan default dan mengubah kedalaman bidang sesuai dengan keinginan Anda.

Saat Anda menutup aplikasi Kamera, maka pengaturan pilihan yang Anda buat akan tersimpan sebagai pengaturan Default baru dan Anda tidak perlu lagi mengubahnya kembali.

Ubah Pengaturan Resolusi Video

Untuk mengubah lebih banyak detail, buka Pengaturan => Kamera dan buka Rekam Video atau Rekam Slo-mo untuk mengubah pengaturan resolusi video default. Atur video untuk merekam 720p pada 30fps, 1080p pada 30 atau 60fps, atau 4K pada 24, 30, atau 60fps. Video slow-mo dapat Anda atur ke 1080p pada 120fps atau 240fps.

Dari layar pengaturan Kamera, aktifkan juga Grid untuk menambahkan grid ke jendela bidik kamera Anda, yang dapat membantu meningkatkan komposisi gambar Anda. Opsi lainnya termasuk HDR, View Outside the Frame, Scene Detection, dan Lens Correction juga bisa Anda aktifkan, jika ponsel Anda memiliki fitur tersebut.

Semoga bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.