Cara Mudah Menggabungkan Foto di iPhone

Pernahkah Anda ingin menggabungkan foto menggunakan ponsel iPhone Anda? Melakukan edit foto menggunakan iPhone memang tidak semudah Anda melakukannya pada ponsel Android. Tapi setidaknya Anda tetap bisa melakukan edit foto dengan fitur-fitur dasar yang dimiliki oleh iPhone Anda.

Cara Mudah Jika Anda Ingin Menggabungkan Foto
Cara Mudah Jika Anda Ingin Menggabungkan Foto

Sebenarnya melakukan pengeditan foto dapat Anda lakukan dengan mudah pada iPhone Anda. Seperti halnya menggabungkan beberapa foto menjadi satu foto saja. Jika Anda melakukannya pada ponsel Android, Anda bisa dengan mudah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang dengan mudah Anda dapatkan melalui Google Play Store. Namun bagi pengguna iPhone, Anda dapat melakukan beberapa cara mudah yang akan Penulis bahas berikut ini.

Meski bukan fitur dasar dari ponsel Anda, setidaknya Anda tetap dapat menghasilkan foto collage tersebut dengan banyak cara yang bisa Anda lakukan. Berikut ini 2 langkah penting yang bisa Anda coba untuk menggabungkan foto menggunakan iPhone.

Cara Menggabungkan Foto Menggunakan Layout

Salah satu cara terbaik untuk menempatkan foto berdampingan pada iPhone adalah dengan menggunakan aplikasi Layout gratis milik Instagram. Aplikasi ini berasal dari pengembang Instagram dan menyediakan berbagai cara untuk menggabungkan beberapa foto menjadi satu foto saja.

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda lakukan untuk menggunakan Layout From Instagram:

  1. Buka App Store pada iPhone Anda dan cari Layout from Instagram. Anda dapat menggunakan kolom pencarian untuk mempermudah menemukan aplikasi tersebut. Instal aplikasi lalu buka.
  2. Pada layar utama aplikasi, ketuk foto yang ingin Anda gabungkan menjadi satu gambar. Setelah itu, pilih Tata Letak yang menampilkan berbagai komposisi pada bagian atas.
  3. Tata letak yang Anda pilih akan terbuka dalam mode layar penuh. Jika Anda mau, gunakan beberapa fitur yang ada pada bagian bawah layar Anda untuk mengedit foto Anda.
  4. Ketuk Simpan pada bagian sudut kanan atas untuk menyimpan foto gabungan Anda. Maka Layout akan menyimpan foto Anda ke aplikasi Foto ponsel Anda.
  5. Ketuk Selesai untuk menutup mode pengeditan.

Cara Menggabungkan Foto Menggunakan Shortcuts di iPhone

Jika Anda ingin menggabungkan foto dari dalam aplikasi Foto secara langsung, Shortcuts dapat membantu Anda melakukannya. Shortcuts adalah aplikasi gratis milik Apple yang dapat Anda gunakan untuk mengotomatiskan banyak tugas pada iPhone Anda, termasuk menggabungkan foto menjadi satu.

Pada aplikasi Shortcuts, Anda perlu membuat pintasan khusus yang memproses gambar yang Anda pilih, kemudian menggabungkannya, dan menyimpannya ke Foto lagi. Berikut langkah-langkah cara membuat shortcut yang Anda butuhkan:

Membuat Shorcuts

  1. Buka App Store, cari Shortcuts, dan instal aplikasi Shortcuts pada perangkat Anda jika Anda belum memilikinya.
  2. Buka aplikasi Shortcuts dan pada layar aplikasi utama, ketuk Buat Pintasan untuk menambahkan pintasan baru.
  3. Pada layar berikutnya, cari Gabungkan Gambar dan ketuk opsi tersebut.
  4. Sekarang Anda perlu mengkonfigurasi tindakan yang Anda pilih dalam beberapa hal: Dalam Mode, pilih Side-by-Side, karena Anda ingin meletakkan foto Anda secara berdampingan; Kemudian pilih Horizontal atau Vertikal, tergantung pada bagaimana Anda ingin menggabungkan gambar Anda; Anda juga dapat mengosongkan bidang Spasi jika Anda tidak ingin ada spasi di antara foto gabungan Anda.
  5. Cari opsi  Simpan ke Album Foto. Ketuk tindakan saat muncul pada hasil pencarian. Tindakan ini akan menyimpan foto gabungan Anda ke aplikasi Foto. Ketuk opsi pada sebelah Album bagian Simpan ke Album Foto untuk memilih di mana foto gabungan Anda akan disimpan.
  6. Ketuk ikon pengaturan pada sudut kanan atas pintasan Anda, lalu ketuk Nama dan masukkan nama untuk pintasan Anda. Gunakan nama deskriptif, seperti Gabungkan Foto, sehingga Anda dapat menemukan Kembali jika mencarinya.
  7. Selanjutnya Aktifkan sakelar Perlihatkan pada Lembar Bagikan sehingga Anda dapat melihat pintasan ini pada aplikasi Foto. Kemudian, ketuk Selesai pada sudut kanan atas, lalu Selesai lagi untuk menyimpan pintasan Anda.

Setelah membuat shortcuts, berikut cara menggunakannya:

  1. Buka aplikasi Foto pada iPhone Anda dan pilih foto yang ingin Anda gabungkan.
  2. Ketuk ikon bagikan pada sudut kiri bawah dan pilih Pintasan.
  3. Pilih pintasan yang Anda buat pada bagian atas dan biarkan berjalan melalui prosesnya. Kembali ke Foto untuk menemukan gambar gabungan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *