Cara Mudah Mengaktifkan Back Tap iPhone di iOS 14

Cara Mengaktifkan Back Tap di iOS 14

Sejak dirilisnya iOS 14, iPhone memiliki sejumlah fitur tersembunyi yang keren dan menarik. Salah satunya adalah tindakan tertentu setiap kali kamu mengetuk panel belakang iPhone.

Jadi pada iOS 14 ini, kamu bisa menkostumisasi bagian belakang iPhone agar bisa difungsikan sebagai tombol rahasia. Misalnya, kamu dapat mengambil tangkapan layar dengan mengetuk dua kali atau membuka kamera dengan mengetuk tiga kali panel belakang iPhone Anda.

Continue reading “Cara Mudah Mengaktifkan Back Tap iPhone di iOS 14”

Cara Mudah Mengaktifkan atau Menonaktifkan Suara Startup di Mac

Cara Mengaktifkan Suara Startup di Mac

Mac memiliki suara startup berbeda yang berbunyi setiap kali Anda mem-boot atau menghidupkan ulang perangkat Mac Anda. Kecuali untuk Mac yang dijual antara 2016 dan 2020, ini adalah opsi default untuk setiap Mac.

Nah, pada kesempatan kali ini, penulis akan sedikit memberikan langkah bagaimana cara mengaktifkan atau menonaktifkan suara yang berbunyi pada saat startup di Mac atau MacBook.

Continue reading “Cara Mudah Mengaktifkan atau Menonaktifkan Suara Startup di Mac”

Cara Mudah Mengirim Pesan Audio Menggunakan Siri di iPhone

Cara Mengirim Pesan Audio dengan Siri

iPhone memiliki dukungan fitur Siri yang bekerja cukup baik dengan iMessage. Siri adalah asisten pribadi pintar yang membantu Anda menyelesaikan segala sesuatu cukup dengan memerintahkannya. Dengan Siri, Anda dapat menggunakan suara Anda untuk mengirim pesan, menjadwalkan pertemuan, menelepon, dan banyak lagi hal lain yang bisa kamu lakukan dengan Siri.

Nah, disini penulis akan memberikan cara mengirim pesan Audio menggunakan Siri di iPhone. Kamu dapat meminta Siri untuk mengirim pesan, dan Siri akan mentranskripsikannya menjadi teks untuk Anda. Akan tetapi bagaimana jika Siri melakukan kesalahan dalam menterjemahkan pesan Audio tersebut?

Continue reading “Cara Mudah Mengirim Pesan Audio Menggunakan Siri di iPhone”

Cara Mudah Menggunakan Stiker Memoji di iPhone dan iPad

Cara Menggunakan Stiker Memoji di iPhone

Mengirim stiker Memoji memang cukup menyenangkan, apalagi digunakan saat kamu sedang chattingan dengan teman dan kerabat diluaran sana. Tetapi tahukah Anda bahwa Apple secara otomatis membuat paket stiker untuk setiap karakter Memoji? Ini seperti Bitmoji tetapi bahkan lebih baik. Berikut cara menggunakan stiker Memoji di iPhone dan iPad.

Saat Apple membuat stiker secara otomatis, stiker tersebut tersedia untuk digunakan di aplikasi iMessage dan juga di papan ketik Emoji. Artinya, kamu dapat mengirim stiker Memoji di aplikasi perpesanan pihak ketiga yang didukung seperti WhatsApp.

Continue reading “Cara Mudah Menggunakan Stiker Memoji di iPhone dan iPad”

Begini Cara Cepat Mengubah Ukuran Dock di Mac/MacBook

Cara Mengubah Ukuran Dock

Dock memiliki fungsi yang sama dengan shortcut, yakni berguna sebagai peluncur aplikasi. Akan tetapi keberadaan Dock di Mac atau MacBook terkadang terlalu besar atau terlalu kecil. Sehingga hal ini akan berpengaruh pada tampilan beranda Mac menjadi kurang menarik di pandang mata.

Untungnya, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengubah ukuran Dock di Mac. Termasuk satu cara mudah yang tidak diketahui banyak orang. Oleh karenanya, disini idevice akan berbagi 2 langkah mengatur ukuran Dock dengan cepat tanpa ribet. Berikut cara mengubah ukuran Dock Anda dengan cepat di macOS.

Continue reading “Begini Cara Cepat Mengubah Ukuran Dock di Mac/MacBook”

Cara Menulis di Kotak Teks Menggunakan Apple Pencil di iPad

Cara Menulis Menggunakan Apple Pencil

Apple Pencil bukan sekadar alat untuk menggambar di iPad anda. Ini juga bisa sebagai pengganti keyboard. Jadi, daripada kamu mengetik di kotak teks, cukup tulis menggunakan Apple Pencil agar lebih keren dan menarik. Maka, iPad nantinya akan secara otomatis mengubah tulisan Anda menjadi teks.

Fitur Scribble pertama kali dirilis di iPadOS 14. Fitur ini bekerja untuk semua perangkat iPad dan iPad Pro yang mendukung Apple Pencil (untuk semua generasi). Dan menariknya, untuk menggunakan Apple Pencil ini, kamu tidak perlu untuk mengaktifkan fitur lain yang ada di iPad. Jadi kamu bisa dengan mudah menggunakannya kapan saja.

Continue reading “Cara Menulis di Kotak Teks Menggunakan Apple Pencil di iPad”

Cara Mudah Menggunakan Fitur Interkom di iPhone

Apple Punya Fitur Interkom di Perangkatnya

Bersamaan dengan dirilisnya HomePod mini, Apple turut memperkenalkan fitur Intercom baru yang dirancang untuk memungkinkan pemilik perangkat Apple berkomunikasi satu sama lain, mengirim pesan ke ruangan, area, atau orang tertentu.

Interkom ini akan berfungsi dengan HomePod, ‌HomePod mini‌, iPhone, iPad, Apple Watch, AirPods, dan bahkan CarPlay. Sehingga kamu akan dapat mendiktekan pesan suara di perangkat mana pun yang dapat Anda kirimkan ke satu orang dalam keluarga atau semua anggota keluarga dengan lebih mudah.

Continue reading “Cara Mudah Menggunakan Fitur Interkom di iPhone”

Cara Mengubah Pengaturan 5G di iPhone 12 untuk Menghemat Data dan Baterai

Cara Mengubah Pengaturan 5G di iPhone

iPhone 12 dan iPhone 12 Pro adalah perangkat pertama Apple yang dirilis dengan konektivitas 5G. Dan ada beberapa pengaturan baru terkait 5G yang perlu kamu lakukan pada iPhone ini.

Secara default, saat kamu mengatur ‌iPhone 12‌ atau 12 Pro baru, mode ini mengaktifkan mode 5G Otomatis yang hanya mengaktifkan data 5G ketika tidak mengurangi masa pakai baterai secara signifikan.

Continue reading “Cara Mengubah Pengaturan 5G di iPhone 12 untuk Menghemat Data dan Baterai”

Cara Mudah Mengubah Icon Aplikasi di Home Screen Pada iOS 14

Cara Mengubah Icon Aplikasi di iOS 14

Melakukan kostumisasi icon aplikasi pada tampilan home screen iPhone kamu tentunya akan lebih menarik. Biasanya cara ini hanya bisa kamu lakukan di Android. Sejak dulu, iPhone memang tidak menghadirkan fitur seperti ini, yakni kostumisasi/mengubah icon aplikasi.

Namun seiring berjalannya waktu, dengan hadirnya iOS 14, Apple banyak menyematkan fitur menarik yang bisa membuat tampilan home screen jadi lebih keren. Salah satunya, dengan mengubah icon aplikasi layaknya yang biasany digunakan pada Android. Dengan kamu mengubah icon aplikasi menjadi yang kamu inginkan, tentunya layar home screen akan lebih nyaman untuk kamu lihat setiap hari.

Continue reading “Cara Mudah Mengubah Icon Aplikasi di Home Screen Pada iOS 14”

Cara Memberi Batasan Akses Aplikasi Pihak Ketiga ke Foto di iOS 14

Cara Membatasi Akses Aplikasi Pihak Ketiga

Di iOS 14, Apple memungkinkan untuk membatasi tingkat akses yang dimiliki aplikasi pihak ketiga ke perpustakaan foto di iPhone atau iPad Anda. Sehingga ini akan menjadikan perangkat kamu lebih aman.

Saat aplikasi meminta izin untuk mengakses foto di perpustakaan, kamu sekarang dapat memilih untuk memberikan batasan aksesnya. Bisa secara keseluruhan atau hanya beberapa foto saja. Hal ini berguna jika kamu tidak ingin foto tersebut diakses oleh aplikasi lain. Misalnya jejaring sosial seperti Facebook atau Instagram agar tidak melihat seluruh foto di perangkat anda.

Continue reading “Cara Memberi Batasan Akses Aplikasi Pihak Ketiga ke Foto di iOS 14”

Cara Menggunakan Aplikasi Perpesanan Baru di iOS 14

Perpesanan Baru di iOS 14

iOS 14 diluncurkan pada bulan September lalu dengan tampilan yang benar-benar baru. Untuk pertama kalinya, kamu bisa menyesuaikan semua hal tentang layar beranda, ikon aplikasi, dan banyak lagi.

Dengan semua perubahan tersebut, kamu akan mendapatkan beberapa hal baru termasuk fitur aplikasi Perpesanan. Aplikasi ini akan memudahkan kamu untuk melakukan obrolan khususnya obrolan grup.

Continue reading “Cara Menggunakan Aplikasi Perpesanan Baru di iOS 14”

7 Tips Tersembunyi di iPhone iOS 14 yang Wajib Kamu Tahu!

Tips iPhone Untuk iOS 14

iOS 14 dan iPadOS 14 dirilis pada September kemarin. Banyak hal baru yang ditambahkan dan kemampuan baru untuk iPhone dan iPad. Perlu kamu ingat, tepat hari ini, Apple akan mengumumkan kehadiran perangkat terbarunya, yakni iPhone 12 pada acara virtual “Hi, Speed”.

Kami belum tahu fitur unik apa yang akan dibawa oleh iPhone 12, tetapi kami telah menggunakan iOS 14 dan iPadOS 14 dan telah menemukan banyak penyesuaian, pengaturan, dan alat yang pasti akan mengubah cara Anda menggunakan iPhone dan iPad Anda saat ini. Berikut adalah tip dan trik yang perlu kamu ketahui untuk iOS 14.

Continue reading “7 Tips Tersembunyi di iPhone iOS 14 yang Wajib Kamu Tahu!”

Cara Mudah Menambahkan Panel Preferensi Favorit ke Dock di Mac

Cara Menambahkan Panel Preferensi ke Dock

Jika kamu termasuk salah satu yang sering menggunakan panel Preferensi Sistem di Mac, kamu dapat dengan mudah menempatkannya ke panel Dock untuk akses cepat. Kamu bisa dengan mudah menautkannya sebanyak mungkin pada bagian preferensi yang Anda inginkan.

Di Mac, setiap bagian dari Preferensi Sistem secara tradisional disebut “panel preferensi”. Setiap panel preferensi terletak di folder Perpustakaan Sistem macOS itu sendiri. Kamu dapat menyeret file preferensi tersebut ke Dock dan menggunakannya untuk mengakses berbagai pengaturan sistem dengan cepat.

Continue reading “Cara Mudah Menambahkan Panel Preferensi Favorit ke Dock di Mac”

Cara Mudah Menggabungkan Dua Akun macOS Menjadi Satu

Cara Menggabungkan Dua Akun macOS

Apakah kamu sedang memiliki dua akun macOS dalam satu perangkat? Jika kamu termasuk salah satunya, yang memiliki dua akun macOS, disini kamu ingin berbagi tips dan cara bagaimana cara menggabungkan dua akun tersebut menjadi satu.

Dengan menggabungkannya menjadi satu, maka semua data-data yang kamu miliki akan berkumpul dalam satu akun. Mulai dari kontak, pengingat, kalender, catatan, dan penanda. Adapun langkah-langkahnya, bisa kamu ikuti cara di bawah ini.

Continue reading “Cara Mudah Menggabungkan Dua Akun macOS Menjadi Satu”

Cara Mudah Mengaktifkan Dark Mode di Safari Mac Anda

Mengaktifkan Dark Mode di Safari

Safari di Mac kembali menghadirkan fitur baru yang lebih keren, yakni Dark Mode atau Mode Gelap. Dark Mode ini bisanya sangat berguna di malam hari atau di lingkungan yang lebih gelap saat cahaya sedang minim.

Nah, untuk kamu yang menggunakan Safari dalam menjelajahi situs web atau mungkin menonton video YouTube di malam hari, mengapa tidak menggunakan Mode Gelap ini? Selain akan membuat mata lebih nyaman juga tidak akan membuat kamu cepat lelah.

Continue reading “Cara Mudah Mengaktifkan Dark Mode di Safari Mac Anda”